Home » Bandung » Ini Langkah Bina Marga Jabar Beri Rasa Aman untuk Pemudik
User comments

Ini Langkah Bina Marga Jabar Beri Rasa Aman untuk Pemudik

BANDUNG – Menjelang ramainya arus mudik Lebaran 2015, Dinas Bina Marga Jabar tak henti bekerja. Meski pekerjaan di jalur vital mudik sudah rampung, bukan berbarti dinas yang fokus di bidang infrastruktur tersebut bisa berleha-leha. Terbukti hingga kini, aktifitas perawatan jalan dan siaga bencana terus dilakukan di sejumlah titik yang masuk dalam tanggungjawab Bina Marga Jabar.

Inilah Kantor Dinas Bina Marga Jabar di Jalan Asia Afrika 79, Bandung.

Inilah Kantor Dinas Bina Marga Jabar di Jalan Asia Afrika 79, Bandung.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Bina Marga Jabar H.M. Guntoro kepada Jabar Publisher, usai mengikuti Apel Operasi Ketupat Lodaya di Lapangan Gasibu, Bandung, Kamis (9/7). “Untuk jalur yang pokok sudah aman. Tapi pemeliharaannya tetap jalan terus,” katanya. Ia menjelaskan, upaya pemeliharaan jalan tersbeut mencakup antisipasi pohon tumbang, longsor, banjir, jalur macet, dan pemeliharaan penting lainnya terus dilakukan.

Tak lupa, Kadis yang akrab disapa ‘Pak Gun’ ini juga berpesan agar pemudik berhati-hati saat
melintas di Jalur Selatan yang dinilai lebih rawan bencana dibanding jalur lainnya. Ia menyebutkan sedikitnya ada 59 titik rawan bencana, diantaranya daerah Pangalengan, Cidaun, Ciwidey, Cadas Pangeran, dan Wanayasa. Meski sudah memasuki musim kemarau, antisipasi terhadap terjadinya bencana tak bisa disepelekan.

Sehingga, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu, pihaknya juga sudah menyiagakan alat berat seperti eksavator, bighoe, stump, dan dumptruck di 23 Posko mudik Lebaran juga menjaga koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya. “Untuk alat berat kita tempatkan di Cianjur, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasik, dan Cirebon. Sesuai jumlah Balai kita sebanyak 6 Balai,” terangnya.

Di akhir wawancara, Guntoro menuturkan pemeliharaan jalan di jalur alternatif juga terus digeber
demi memberikan jaminan rasa aman bagi jutaan pemudik yang melintas di Jawa Barat, seperti halnya di
Cimareme, Kadipaten, Subang, Sadang, Lembang, Cikamurang, dan Majalengka.

Demi memberikan rasa aman kepada para pemudik Kadis Bina Marga dan jajarannya bersama pihak kepolisian beberapa kali berkeliling Jawa Barat untuk melakukan tunjauan langsung dan memeriksa kesiapan infrastruktur yang akan dilalui pemudik. “Terakhir kita tinjau¬†Jalur Selatan dan Sumedang, Alhamdulillah untuk kesiapan di jalur-jalur vital sudah aman,” pungkasnya. (jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*