Home » Cirebon » PNS Pemkab Cirebon Di-Test HIV/AIDS

PNS Pemkab Cirebon Di-Test HIV/AIDS

CIREBON – Seluruh PNS di lingkungan Pemkab Cirebon, Selasa (11/8), menjalani test HIV/AIDS. Kegiatan yang dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 70 ini juga dikaitkan dengan aksi peduli, yakni donor darah massal untuk meminimalisir stok darah di PMI yang beberapa waktu lalu kondisinya sangat memprihatinkan.

Berdasarkan pantauan, dalam acara yang digelar di ruang Paseban Komplek Perkantoran Setda Kabupaten Cirebon itu, para PNS satu persatu menjalani test, kemudian melakukan donor darah.

Tak terkecuali golongan dan eselon atas, semua disama ratakan untuk mengikuti pengetesan HIV/AIDS. “Ini tahun pertama test HIV/AIDS dilakukan di lingkungan PNS Kabupaten Cirebon. Kita targetkan 300 PNS,” ujar Nanang Ruhyana, Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Nanang menjelaskan, ini merupakan sebagai langkah awal untuk mendeteksi secara dini bagi PNS yang mengidap HIV-AIDS. Kalau seandainya ada PNS itu positive, maka pihaknya akan memberikan obat-obatan untuk memperlambat tumbuh kembangnya virus tersebut.

“Hingga pukul 10 siang  tadi sekitar 50an PNS yang sudah melakukan tes HIV-AIDS. Kami juga tidak memaksakan bagi PNS yang tidak mau di tes,” jelasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*