Home » Bekasi » 200 Kuliner Nusantara Tersaji di Kampung Banjar

200 Kuliner Nusantara Tersaji di Kampung Banjar

BEKASI РFestivel kuliner tahunan di Summarecon Mal Bekasi kembali menyapa kuliner tanah air. Setelah sebelumnya mengangkat tema Kampung Sampireun di tahun 2013 dan Kampung Wong Kito di tahun 2014, kini Summarecon Mal Bekasi kembali menggelar event Festival Kuliner Bekasi 2015 dengan tema Kampung Banjar yang digelar sejak tanggal 23 September 2015-18 Oktober 2015. Selama 26 hari penuh, pengunjung akan dimanjakan oleh berbagai kuliner favorit tanah air yang terdiri dari lebih 200 sajian khas nusantara yang ditawarkan oleh 81 tenant, yang terdiri dari 53 both dan 28 gerobakan. 

GM Operation Summarecon Mal Bekasi, Willy Effendy mengatakan, Kampung Banjar terpilih sebagai tema festival kuliner 2015 karena kekayaan budaya dan seni yang menjadi dasarnya. ” Terpilihnya Kampung Banjar sebagai tema Festival Kuliner Bekasi 2015 merupakan adaptasi dari Kota Banjarmasin yang dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. Kekayaan budaya melalui berbagai ornamen ukiran hingga replika bangunan kita coba tampilkan sebagai dekorasi penguat Kampung Banjar,” ujarnya.

Pintu gerbang lengkap dengan ukiran khas Banjar akan menyambut para pengunjung yang memasuki area Festival Kuliner Tahunan yang rutin diselenggarakan di area parkir barat The Downtown Walk Summarecon Mal Bekasi ini. Di tengah area, pengunjung juga bisa menemukan replika tugu Kota Banjar yang dimodifikasi sebagai tugu suar dengan lampu sorot yang akan menyemarakan suasana malam di Festival Kuliner Bekasi 2015. Booth dekorasi khas rumah adat Banjarmasin seperti Bubungan Tinggi, Banjar Bagun Gudang, dan Palimbangan tampak berbaris rapi dengan beragam makanan yang ditawarkan di dalamnya. Terdapat pula replika perahu yang dapat digunakan sebagai tempat duduk bagi pengunjung.

Melengkapi nuansa tersebut, hadir juga sajian kuliner khas Banjar sebagai pelengkap seperti Soto Banjar, Nasi Kuning, dan Es Kelapa Muda. Selain itu, beragam menu kuliner tanah air yang menjadi ciri khas dari Festival Kuliner Bekasi juga turut meramaikan acara tersebut diantaranya, yaitu Ayam Keprek, Bakso Sapi Tanah Toraja, Mie Bangka Belitong, Mie Siram Medan & Tahu Balik, Nasi Megono Pekalongan, dan masih banyak hidangan lainnya.

“FKB merupakan rangkaian festival kuliner kedua di tahun 2015 setelah pasar senggol. Festival Kuliner Bekasi semakin istimewa melalui kehadiran 50% tenant baru dalam rangkaian tahun ini, serta kehadiran Fashion Village di dalam Summarecon Mal Bekasi yang menghadirkan berbagai UKM dari industri kreatif tanah air sebagai bagian dari rangkaian Festival Kuliner Bekasi (FKB),” ujar GM Corporate Communications PT Summarecon Agung Tbk, Cut Meutia.

Summarecon Mal Bekasi kembali mengadaptasi sistem pembelian di area Food Temptation dan Bekasi Food City dengan menggunakan kartu Top Up sebagai alat transaksinya. Penggunaan kartu ini akan memudahkan pengunjung yang datang. Selain di kasir area Festival Kuliner Bekasi pengisian dan penggunaan kartu ini dapat dilakukan di area Food Temptation dan Bekasi Food City.

Kartu Top Up ini tidak memiliki batas waktu pemakaian dan dapat direfund kapan pun pengunjung inginkan. Festival Kuliner Bekasi 2015 dibuka mulai pukul 16.00 WIB-22.00 WIB (Senin-Kamis), pukul 16.00 WIB-23.00 WIB (Jum’at), pukul 11.00 WIB-23.00 WIB (Sabtu & Hari Libur Nasional) serta pukul 11.00 WIB (Minggu).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, beragam sajian hiburan dihadirkan untuk menghibur pengunjung di panggung utama Festival Kuliner Bekasi yang disulap layaknya rumah adat Bubungan Tinggi. Mulai dari tarian khas Kalimantan, Tari Jepen, Tari Gandut, Tari Gantar, Tari Mandau, Tari Perang, Tari Baksa Tameng, hingga demo masak serta paduan suara akan menemani pengunjung menyantap sajian kuliner pilihan yang kaya cita rasa. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*