Home » Cirebon » Pilwu Serentak Cirebon, Para Kandidat Sampaikan Visi dan Misi

Pilwu Serentak Cirebon, Para Kandidat Sampaikan Visi dan Misi

CIREBON – Pemilihan kuwu (kepala desa) serempak di Kabupaten Cirebon tinggal menghitung hari. Hari ini, Kamis (8/10), masing-masing calon kuwu yang akan duduk di kursi pemilihan tanggal 25 Oktober mendatang, menyampaikan visi dan misinya.

Para pendukung calon kuwu nomor 2 tengah melakukan arak-arakan menuju kantor desa

Para pendukung calon kuwu nomor 2 tengah melakukan arak-arakan menuju kantor desa

Di Desa Gagasari Kecamatan Gebang, dua kandidat kuwu tampak antusias menyampaikan visi dan misinya di depan para pendukungnya, yang hadir di kantor desa setempat.

Dua kandidat kuwu, yakni Daskin dan Syarif Abdullah selama 10 menit dengan gamblang menyampaikan program-programnya jika mereka kelak terpilih menjadi kuwu di desa tersebut.

Calon kuwu nomor urut satu, Daskin dalampenyampaian visi dan misinya lebih menitikberatkan pada sektor kesejahteraan aparatur dan perangkat desa, termasuk warga desanya.

Sementara calon nomor urut dua, Syarif Abdullah, lebih menekankan pada pelayanan kepada warga. “Dengan semboyan mandiri, saya ingin menjadikan desa ini menjadi rumah yang nyaman bagi semua warga Desa Gagasari,” ujar Syarif.

Dijabarkan Syarif, kata mandiri sendiri mengandung makna dari setiap hurufnya. M, kata dia, berarti melayani dan mengayomi semua lapisan masyarakat. “Artinya, pemerintah desa harus mampu melayani segala kebutuhan masyarakat dari semua kalangan, tidak memilah atau memilih siapapun yang membutuhkan bantuan atau pelayanan. Baik dari segi teknis maupun pelaksanaan yang berkaitan dengan administrasi surat keterangan, KTP, hukum, keagamaan, lembaga atau sosial ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

A dalam mandiri, lanjut Syarif, artinya amanah. Sedangkan N, artinya nyaman. “Bahwa pemerintah desa harus dapat menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dan tertib administratif, serta bersifat komunikatif ,” lanjutnya.

Sementara huruf “D” adalah demokrasi, “I” bermakna indah, “R” responsif dan “I” terakhir adalah Islami. “Segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pemerintah desa/negara dilayani dengan cara Islami,” katanya.

Dalam pemaparan visi dan misi itu, kedua calon kuwu diantar oleh para pendukungnya. Ini menjadikan suasana penyampaian visi dan misi begitu meriah dan ramai. Sehingga, kantor Desa Gagasari disesaki massa.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pemilihan Kuwu Desa Gagasari, Ismail MZ, mengatakan, usai penyampaian visi dan misi, tahapan selanjutnya adalah kampanye, yang akan dilaksanakan pada 19, 20 dan 21 Oktober. “Dalam tahapan kampanye itu, tiap calon kuwu mendapatkan jatah sehari. Sementara khusus untuk tanggal 21, kampanye dilakukan bersamaan, dimana masing-masing calon melakukan kegiatan bakti sosial,” katanya. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.