Home » Karawang » Gebang Karawang » Isteri Menaker Sosialisasi TKI di Kampung Budaya
Jpeg

Isteri Menaker Sosialisasi TKI di Kampung Budaya

KARAWANG –┬áDinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, Senin (26/10), menggelar acara┬ásosialisasi penempatan tenaga kerja, di Kampung Budaya Karawang, Interchange Karawang Barat.

Dalam acara, hadir isteri Menteri Tenaga Kerja, Hanifah. Dia menjadi pembicara terkait sosialisasi Tenaga Kerja Indonesia yang mau berangkat kerja di luar negri. Acara sosialisasi tenaga kerja dimeriahkan dengan prnampilan permainan angklung dari SMPN 1 Karawang Barat, dengan peserta mahasiswa, masyarakat, dan siswa yang ada di Karawang.

Dalam sambutannya Hanifah mengatakan, dalam mewakili kementrian tenaga kerja, dirinya menghimbau kepada para TKI yang akan berangkat kerja di luar negri harus dipersiapkan dulu segalanya. “Masalah adminitrasi, kesehatan itu harus di persiapkan jangan sampai menjadi TKI ilegal,” kata Hanifah, Senin (26/10).

Sebelum berangkat tambahnya, bagi para TKI harus mempunyai kemampuan untuk bekerja salah satunya harus mendampat bimbingan dulu dan mengikuti pelatihan,”jika paraTKI belum mempunyai kemampuan atau pengetahuan, jangan berangkat kalau belum siap,”ujarnya.

Disampaikan juga Kadisnakertrans Suroto, dengan beberapa permasalahan yang terjadi bagi para TKI itu karena belum ada persiapan baik pengetahuan maupun adminitrasinya yang kurang jelas. “Kami sekarang selektif bagi para masyarakat Karawang yang ingin menjadi TKI,” katanya.

Lanjutnya, dengan masih banyaknya masyarakat Karawang yang menjadi TKI itu karena faktor ijazah, karena bagi masyarakat yang cuma lulusan SD dan SMP itu sulit untuk bekerja di PT yang ada di Karawang.”ini akan menjadi PR kami kedepannya,”pungkasnya. (plz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.