Home » Cirebon » Pemkot Cirebon Rekomendasikan Penutupan Aktivitas Batu Bara di Pelindo

Pemkot Cirebon Rekomendasikan Penutupan Aktivitas Batu Bara di Pelindo

CIREBON – Pemkot Cirebon akan segera mengirimkan surat rekomendasi penutupan aktivitas bongkar muat batu bara di Pelabuhan Cirebon kepada pemerintah pusat. Pernyataan terkait pengiriman surat rekomendasi penutupan yang juga atas persetujuan DPRD Kota Cirebon itu, terkuak dalam rapat final mengenai penutupan aktivitas bongkar muat batubara di Pelabuhan Cirebon yang digelar di Balai Kota Cirebon, Rabu (4/11).

Dalam rapat yang dihadiri perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemkot Cirebon, DPRD Kota Cirebon, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), PT Pelindo Cirebon, Pengusaha dan Warga Pesisir Panjunan ini, situasi sempat memanas. Peserta rapat terlibat perdebatan hebat, terkait penutupan bongkar muat batubara.

“Pemkot dan DPRD sudah melihat dengan mata sendiri bahwa debu batubara sudah melebihi ambang batas. Hari Kamis atau Jum’at surat rekomendasi penutupan batubara ini akan kami kirim ke Pemerintah Pusat,” ujar Azis.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno mengatakan aktivitas bongkar muat batubara di Pelabuhan Cirebon sudah melanggar dua hal. yakni, sisi lingkungan hidup dan kesehatan. “Ada kajian kesehatan bisa dicek, sebab sudah banyak korban yang menderita penyakit pernapasan, terutama pada anak-anak. Kami, Walikota dan DPRD pun sepakat untuk menutup batubara,” ucap Edi. (crd/bay)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*