Home » Nasional » Busyet! Dari “Mama Minta Pulsa” Effendi Bisa Hidup Mewah, Omzetnya Setahun Rp5 M

Busyet! Dari “Mama Minta Pulsa” Effendi Bisa Hidup Mewah, Omzetnya Setahun Rp5 M

BUSYET! Dari aksi penipuan lewat SMS “mama minta pulsa” dan “undian berhadiah” Effendi, pria asal Wajo, Sulawesi Selatan ini bisa hidup mewah. Bayangkan, omzetnya dalam setahun mencapai Rp5 miliar lebih. Dia mengaku, menjalankan bisnis haramnya itu baru dua tahun.

Rumah mewah Effendi di kampung halamannya

Rumah mewah Effendi di kampung halamannya

“Sehari keuntungan antara Rp3 juta sampai Rp7 juta,” ujar Effendi kepada wartawan di ruangan penyidik Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/11).

Jika rata-rata Effendi sehari mendapat Rp 7 juta dari hasil tipu-tipu itu, maka dalam satu tahun dia diperkirakan memperoleh Rp 5.040.000.000.

“Tapi kan kadang sehari tidak dapat. Itu pun dibagi-bagi sama anak buah saya.Saya punya anak buah 5 orang,” lanjut Effendi.

Dari penghasilan yang diperoleh, keuntungan dibagi 75 persen untuk dia dan 5 persen untuk anak buahnya. Dia juga membagi keuntungan 7 persen bagi pembuat rekening palsu. “Rekening saya beli dari orang di Jakarta Selatan,” tambahnya.

Mobil Effendi yang terparkir di halaman rumahnya

Mobil Effendi yang terparkir di halaman rumahnya

Effendi mendapat keuntungan lebih banyak karena sebagai pemodal. Ia membiayai operasional hingga peralatan untuk melakukan kejahatan seperti laptop, puluhan modem, sejumlah port modem, kartu SIM Card hingga menyewa rumah sebagai base camp.

“Sewa rumah di Lembang, Bandung itu baru 2 bulan. Kalau peralatannya saya beli nyicil-nyicil. Kalau ditotal sekitar Rp 30 jutaanlah buat laptop dan lain-lain itu,” tuturnya.

Peralatan penunjang aksi tipu-tipunya

Peralatan penunjang aksi tipu-tipunya

Effendi ditangkap di jalur trans Sulawesi pada tanggal 3 November lalu. Polisi telah menyita sejumlah barang bukti dari tersangka yang dicurigai hasil kejahatan. Kejahatan yang dia lakukan dengan mengirimkan SMS berantai ke sejumlah nomor. Isinya mulai dari pemberitahuan mendapat undian sampai meminta pulsa. Korban yang tertipu akan dibimbing pelaku dengan telepon ke ATM, lalu tanpa sadar mentransfer uang.

Dari tersangka, polisi juga menyita 1 unit mobil Honda CRV warna silver dan 1 unit mobil Toyota Avanza Veloz warna putih, rumah berikut tanah seluas 600 meter persegi berikut perabotan di dalamnya, 1 unit motor Ninja 250 CC dan 1 unit motor Yamaha Mio. Polisi juga telah menyita puluhan buku rekening dan kartu ATM baik dari tersangka maupun anggotanya. (dtc/bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*