Home » Cirebon » Semarak HUT PGRI ke-70 di Karangwareng, ada Sunatan Massal Loh…

Semarak HUT PGRI ke-70 di Karangwareng, ada Sunatan Massal Loh…

CIREBON – Pemandangan berbeda terjadi di halaman SDN 1 Gubang Deleg, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, Sabtu (21/11/2015). Pagi itu, terlihat ribuan orang menyesaki halaman sekolah tersebut. Dari ribuan orang itu, terlihat ada warga, anak-anak sekolah berseragam olahraga dan anak-anak memakai pakaian ala santri cilik. Di halaman juga, terlihat seonggok panggung yang di atasnya sudah lengkap dengan alat musik dan tumpukan hadiah. Sementara di ruangan samping depan kompleks sekolah tersebut, tampak dua orang dokter, lengkap dengan peralatan sunatnya.

Kepala UPT Pendidikan Karangwareng tengah meninjau pelaksanaan sunatan massal

Kepala UPT Pendidikan Karangwareng tengah meninjau pelaksanaan sunatan massal

Di tengah keramaian, tiba-tiba suara drum band berbunyi, yang diikuti dengan derap langkah para pemainnya, yang semuanya merupakan pelajar. Pandangan mata semua yang hadir di lokasi pun secepat kilat berpaling pada para pemain drum band tersebut. Berbarengan dengan itu, satu persatu bocah laki-laki usia kelas 1 SD masuk ke ruangan yang sudah ada dokter berikut peralatan sunat itu.

Para bocah laki-laki yang berpakaian santri cilik itu, satu persatu disunat. Setelah itu, mereka diberi bingkisan. “Ya, ini acara sunatan massal, yang diadakan oleh UPT Pendidikan Kecamatan Karangwareng. Jumlah anak yang disunat sebanyak 20 orang,” ujar salah satu dokter di lokasi, dr. Zainal.

Dikatakan dia, dirinya bersama seorang rekannya sengaja diminta untuk menangani sunatan massal dalam kegiatan tersebut. “Bagi saya, ini sangat luar biasa. Dimana pihak pengelola dunia pendidikan bisa berbagi dengan masyarakat dan melakukan kegiatan sosial seperti ini,” lanjut dr. Zainal, yang kesehariannya bertugas di Puskesmas Desa Gembongan Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon.

 

Di sela-sela kegiatan sunatan massal itu, pantia yang berada di atas panggung memanggil para pelajar yang memang sudah dari pagi memadati halaman SDN 1 Gubang Deleg, untuk mendekat ke panggung. “Ayo anak-anak kemari. Kita dari panitia mau nyawer,” ucap pembawa acara di atas panggung.

Sontak, para pelajar mulai dari tingkat SD sampai SMA yang ada di Kecamatan Karangwareng pun berlari mendekat ke panggung. Sejurus kemudian, seorang staf dari UPT Pendidikan Karangwareng membuang uang ke kerumunan para pelajar itu. Usai itu, acara pun berlanjut dengan hiburan organ diselingi pembagian hadiah dan doorprize.

“Sebenarnya ini merupakan kegiatan rutin kami dalam memperingati HUT PGRI. Dan di HUT PGRI ke 70 ini, kami kembali menggelar sejumlah kegiatan. Seperti sunatan massal, lomba bidang olahraga, bidang pendidikan, bakti sosial dan donor darah,” ucap Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Karangwareng, H. Sutadi.

Dia berharap, dengan kegiatan ini bisa lebih mengeratkan kedekatan antara pihak pemerintah alam hal ini diwakili UPT Pendidikan dengan pihak sekolah dan masyarakat. “Semoga apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat dan memberikan manfaat pula. Acara donor darah akan dilakukan pada Selasa (24/11/2015),” kata H. Sutadi. (crd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.