Home » Karawang » Gebang Karawang » Nasib Sekda dan Kabidpora Karawang , Menpan RB: Surat Pemecatan sudah Disiapkan

Nasib Sekda dan Kabidpora Karawang , Menpan RB: Surat Pemecatan sudah Disiapkan

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi mengaku sudah menyiapkan surat pemecatan jika terbukti ada pegawai negeri sipil yang bersikap tidak netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015. Termasuk Sekda Karawang Teddy Rusfendi dan Kabidpora Disdikpora Karawang, Rahmat Gunadi.

“Jika terbukti bersalah maka sanksinya sudah bukan teguran atau adminitrasi saja, tapi pemberhentian dengan tidak hormat,” ujarnya, Senin (30/11/2015).

Dikatakan dia, netralitas PNS dalam Pilkada merupakan harga mati yang tak bisa ditawar. Sebab, sebagai abdi Negara tidak boleh berpihak terhadap satu kepentingan politik tertentu. Apalagi dilakukan oleh setingkat pejabat.

“Harusnya mereka (pejabat) bisa lebih memahami soal undang-undang dan peraturan PNS,” lanjutnya.

Sebagai wujud ketidakberpihakan, pihaknya tidak hanya akan memproses aduan terkait PNS tidak netral, tapi akan menindaklanjuti jika ada temuan dari berbagai bentuk dengan menerjunkan tim investigasi.

“Semisal ada di media sosial bahwa ada PNS tak netral maka pasti kami tindak lanjuti kebenaran tersebut. Jadi kami tak hanya menunggu laporan masuk,” ucapnya.

Terkait hal ini, kementeriannya telah sepakat melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan beberapa lembaga Negara, seperti Menpan-RB bersama Mendagri, KASN, BKN serta Bawaslu.

“Intinya, diwajibkan kepada PNS bersikap netral, tidak boleh mendukung salah satu calon, tidak boleh menggunakan aset pemerintah dan tidak boleh mempengaruhi. Tidak boleh kampanye, dilarang menjadi tim sukses, bahkan menggunakan pengaruh dan kewenangannya untuk menggerakan anak buahnya dalam mendukung calon tertentu sekaligus mengganggu calon lain serta menggunakan fasilitas Negara,” katanya.

Sekedar mengulas, Sekda Karawang, Teddy Rusfendy dan Kabidpora Disdikpora Karawang, Rahmat Gunadi, ditengarai melakukan politik praktis untuk calon incumbent, Cellica Nurrachadiana, di Pilkada Karawang. Beberapa waktu lalu, Sekda Teddy berpose salam tiga jari bersama Cellica di hadapan sejumlah PNS (BACA: Papa Dukung Cellica? Sekda Karawang Berpose 3 Jari).

Sementara Rahmat Gunadi, diduga aktif berpolitik untuk Cellica. Dia sudah diadukan oleh Panwaslu Karawang ke BKN dan BKD. Namun di BKD Karawang mentok dan kasusnya tidak diproses (BACA: Kabid Pora Disdikpora Karawang Ditengarai Aktif Kampanye buat Cellica). (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*