Home » Cirebon » HUT ke 97, Damkar Kabupaten Cirebon Gelar Simulasi di Lemahabang

HUT ke 97, Damkar Kabupaten Cirebon Gelar Simulasi di Lemahabang

CIREBON – Peringatan HUT Damkar ke 97, Damkar Kabupaten Cirebon gelar simulasi penanggulangan kebakaran. Kegiatan dipusatkan di halaman Pos Damkar Lemahabang, Selasa (23/2/2016).

73716Dalam simulasi itu, tampak para anggota Damkar Kabupaten Cirebon secara padu berjibaku melakukan pemadaman dan penyelamatan terhadap korban.

“Kegiatan ini kami laksanakan sebagai bagian dari peringatan HUT Damkar ke 97, yang tepat pada 1 Maret mendatang. Simulasi ini dilaksanakan sesuai dengan temanya ‘Profesionalisme Damkar Hadir untuk Melanyani Pecegahan Kebakaran dan Penyelamatan. Ini juga dalam rangka mewujudkan point pertama Nawacita atau sembilan kerja agenda Presiden Republik Indonesia, Jokowi,” ujar Kabid Damkar Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Cirebon, Samsul Bakhri, di sela-sela kegiatan.

Dikatakan dia, Kabupaten Cirebon mempunyai sembilan pos Damkar, yang tersebar di beberapa kecamatan, seperti Sumber, Weru, Palimanan, Arajawinangun, Gunugjati, Cikulak, Lemahabang, Ciledug dan Losari.

“Sesuai dengan tema, kesiapan dengan kesiagaan pasukan kita dengan tupoksinya, yang biasa disebut dengan Pancamarga,” lanjutnya.

Pertama, sambung dia, pencegahan dan pengendalian kebakaran. Kedua, pemadaman kebakaran. Ketiga penyelamatan. Keempat partisipasi masyarakat, dan terakhir penanganan bahan-bahan berbahaya.

“Jadi ini terkait point yang kedua tadi, penanggulangan kebakaran. Memang ini idealnya secara priodik agar kemampuan kita tatap terjaga bahkan bisa menigkat. Untuk kegitan dalam rangka HUT ini, kita menyesuaikan dengan tema,” tambahnya. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*