Home » Nasional » Rutan Bengkulu Rusuh! 5 Napi Tewas, 3 Blok Hunian Terbakar

Rutan Bengkulu Rusuh! 5 Napi Tewas, 3 Blok Hunian Terbakar

KERUSUHAN terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Bengkulu. Lima orang narapidana (napi) tewas, sementara 3 blok hunian terbakar. Kerusuhan pecah saat dilakukan penggeledahan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu.

Kabag Humas Ditjen Lapas Kementerian Hukum dan HAM, Akbar Hadi, mengatakan, peristiwa terjadi pada Jumat malam sekitar jam 20.30 WIB. Saat itu, BNNP tengah melakukan penggeledahan. Disaat bersamaan, para penghuni Rutan melakukan perlawanan.

Dalam peristiwa itu, 5 napi meregang nyawa, dan 3 blok hunian napi terbakar. Namun ruang perkantoran dan administrasi Rutan masih aman. “Yang terbakar 3 blok hunian kecuali blok wanita. Untuk ruang perkantoran dan administrasi enggak,” kata Akbar.

Usai kejadian itu, pihak lapas langsung berkoordinasi dengan Polda dan Polres Bengkulu untuk melakukan langkah pengamanan. Sekitar pukul 22.45 WIB situasi akhirnya dapat dikendalikan.

Dari laporan terakhir yang diterima, 252 dari 259 orang tahanan berhasil dievakuasi ke LP Bengkulu di Bentiring. Kemudian 1 oran dibawa oleh BNNP, 1 orang dilarikan ke rumah sakit dan 5 orang tewas terbakar di Kamar 7 Blok A. (dtc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*