Home » Artikel » Dahsyatnya Media Online, Survey UC Browser: 95 persen Orang Indonesia Baca Berita dari Ponsel

Dahsyatnya Media Online, Survey UC Browser: 95 persen Orang Indonesia Baca Berita dari Ponsel

MEDIA online semakin ganas! Berdasarkan survei yang baru saja dilakukan oleh UC Browser, 95.4 persen pengguna internet Indonesia membaca berita dari ponsel. Selebihnya diikuti oleh TV (45.9 persen), koran/majalah (20.9 persen), PC (15.3 persen) dan radio (6.7 persen).

Ini artinya, para pengguna internet mobile di Indonesia cenderung meninggalkan media konvensional sebagai sumber informasi dan menggunakan Internet sebagai pilihan utama untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

Hasil survey yang dilakukan oleh UC Browser juga diperkuat dengan data dari Aseanup.com yang menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara “mobile first” dengan 61 persen pengguna Internet mengakses Internet melalui perangkat mobile dan 39 persen melalui PC. Sementara itu, dalam hal konsumsi media, Indonesia memiliki angka konsumsi media yang tinggi sebesar 540 menit/hari.

Konsumsi media di perangkat mobile mengambil bagian 291 menit/hari, lebih tinggi dari konsumsi media di TV, PC dan laptop. Data dari UC Browser juga menunjukkan bahwa 75.6 persen pengguna Internet mobile di Indonesia membaca berita di ponsel lebih dari tiga kali sehari, 11.8 persen di antaranya 2-3 kali sehari dan 11.1 persen nya satu kali sehari. Data ini juga menunjukkan bahwa 56.5 persen pengguna Internet di Indonesia rata-rata membaca 4-12 artikel berita per hari.

Selain itu pula, data dari Reuters Institute for the Study of Journalism juga memaparkan jika Facebook memainkan peran penting dalam menyalurkan berita online, diikuti YouTube dan Twitter.

Konsumsi konten di perangkat mobile menuntut meningkatnya permintaan konten yang dapat diakses melalui suatu channel yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konten yang diinginkannya tanpa harus berpindah antar situs web atau aplikasi. Namun sejauh ini, hanya sedikit penyedia konten yang mempunyai satu platform yang dapat mengidentifikasi target pasarnya secara efektif. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*