Home » Cirebon » Luar Biasa! Pasar Pabuaran Kidul Diresmikan Menteri Koperasi dan UKM
Menteri Koperasi didampingi Bupati Cirebon saat prosesi peresmian Pasar Pabuaran kidul

Luar Biasa! Pasar Pabuaran Kidul Diresmikan Menteri Koperasi dan UKM

CIREBON – Pasar Tradisional Pabuaran Kidul, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, diresmikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop), Sabtu (17/9/2016). Dalam sambutannya saat meresemikan Pasar Tradisional Pabuaran Kidul dilakukan, Menkop Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan bahwa pasar adalah background perekonomian Bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

adv2“Itu backgroud perekonomian kita‎ yang sesungguhnya. Upaya kami menurunkan bunga kredit, melalui KUR yang dulu bunganya 22 persen sekarang 9 persen. Dan tahun depan presiden menurunkan lagi menjadi 7 persen. Itu porsi kami di pusat,” katanya. Menurut Menkop, program tersebut akan sangat membantu keberlangsungan ekonomi kerakyatan. Tak lupa, menteri juga mengapresiasi program kartu pasarku yang digagas oleh para pedagang yang bekerjasama dengan Koperasi Pasar Pabuaran Kidul.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra MM. M.si berharap, kedatangan menteri dan rombongan dapat memacu semangat para pedagang untuk berusaha lebih baik lagi. “Saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Cirebon menyampaikan kedatangan bapak Menteri beserta rombongan kiranya semakin meningkatkan motivasi dan semangat saudara-saudara kita di Pasar Tradisional Desa Pabuaran Kidul, terlebih di Pasar-Pasar Tradisiobal lainnya di seluruh Kabupaten Cirebon, untuk lebih bekerja keras demi masa depan dan kesejahteraan yang lebih baik,” jelas Sunjaya.

Bupati memaparkan, jumlah Pasar Tradisional di Kabupaten Cirebon saat ini kurang lebih sebanyak 35 Pasar. Berdasarkan pengelolaannya, terdiri dari 26 Pasar serta 9 Pasar yang dikelola Pemda. Sebanyak 80 persen diantaranya dalam kondisi yang perlu direvitalisasi. Terwujudnya eksistensi Pasar Tradisional yang bersih, sehat, aman dan nyaman tentunya harus dapat dijadikan sebagai rumah ekonomi dan rumah budaya yang berdaya saing dengan tetap mempertahankan kearifan lokal.

adv1Kepada Manajeman PT. DUMIB yang telah bekerja sama dalam pemabungan pasar serta penerapan teknologi informasi (IT) dalam pengelolaan Pasar, Bupati pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peran sertanya membangun Pasar ini dengan baik. “Dan harapan kami agar kerja sama ini terus berlanjut ke pad apengembangan pasar-pasar Tradisional lainnya. Kepada Bapak Mentri Koperasi dan UKM, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dorongan, dukungan, bantuan dananya pada beberapa pasar yang telah dan yang sedang dibangun,” ujar Bupati.

Ungkapan syukur dan terima kasih tak terhingga juga dikatakan Kuwu Pabuaran Kidul, Rusnadi Iyus. “Terimaksih kepada Bapak Menkop dan Bupati Cirebon yang telah hadir meresmikan Pasar tradisional Pabuaran Kidul. Mudah-mudahan Pasar ini bisa maju, bertahan, dan juga bisa untuk percontohan Pasar terbaik di Pasar lainnya. (crd/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*