Home » Cirebon » Kursi Rotan Raksasa Gemparkan Kota Udang

Kursi Rotan Raksasa Gemparkan Kota Udang

CIREBON – Pada aksi yang disebut ider-ideran, mereka membuktikan rotan menjadi keunggulan dan kebanggaan mereka. Kursi rotan yang diklaim terbesar di dunia itu merupakan hasil karya 50 perajin selama satu bulan.

Mereka ingin menghidupkan kembali kejayaan rotan Indonesia dari Tanah Wali. Tak hanya para perajin, ratusan warga dari berbagai kalangan sejak pagi meramaikan acara tersebut, Selasa (14/3).

Kursi rotan raksasa diarak warga Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, dalam festival dan karnaval kerajinan rotan. Kursi raksasa itu dibuat oleh warga Kampung Wisata Rotan Galmantro Desa Tegalwangi.

Selain diarak, kursi rotan raksasa itu akan diletakkan di Taman Weru, jalur pantura Cirebon. Tujuannya agar para pengendara dari berbagai daerah mengenal adanya kampung Rotan Galmantro di Desa Tegalwangi.

“Ya mas nanti kursi Ki Ageng Rotan akan diletakan di Taman Weru supaya mereka yang lewat cirebon Tahu bahwa di sini kampung rotan,” kata Kuwu Tegalwangi, Asun.

Berdasarkan informasi, proses pembuatan kursi raksasa itu membutuhkan banyak bahan rotan. Sedikitnya di perkirakan 1 ton bahan rotan sintetis.

“Alhamdulillah sudah selesai dan juga sudah diarak. Rencananya jam satu akan diadakan ritual membangunkan kursi ki ageng rotan yang sekarang masih diperbaiki dan masih roboh. Nanti kursi diberdirikan,” kata Djarso, pengusaha rotan warga Desa Tegalwangi.

Sementara itu, para warga dari berbagai desa terus berdatangan melihat kursi besar ki Ageng Rotan. Kursi raksasa itu artinya bapaknya para kursi rotan yang ada di kampung wisata rotan Galmantro. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*