Home » Dunia » Mengkhawatirkan Tidak Fenomena Equinox? Sangat Perlu Kita Ketahui

Mengkhawatirkan Tidak Fenomena Equinox? Sangat Perlu Kita Ketahui

NASIONAL – Perlu diketahui, Equinox merupakan fenomena astronomi, di mana matahari melintasi garis khatulistiwa. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan fenomena equinox terjadi antara 21 Maret dan 23 September setiap tahunnya. Sebelumnya sempat beredar kabar, suhu udara bisa mencapai 40°C saat Equinox terjadi.

“BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox, sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto, Senin (20/3/2017).

Kendati, kata Yunus, masyarakat diharapkan tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas, dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.

Yunus menjelaskan, fenomena equinox bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave atau gelombang panas, yang dapat terjadi di belahan bumi lainnya seperti Afrika dan Timur Tengah.

“(Bukan fenomena) yang dapat menyebabkan peningkatan suhu secara ekstrim dalam kondisi yang cukup lama,” tandas Yunus.

Yunus sebelumnya menyebutkan fenomena equinox dapat menyebabkan distribusi cahaya matahari relatif lebih signifikan di sekitar ekuator (khatulistiwa). Sehingga kondisi permukaan bumi relatif lebih panas daripada biasanya.

Akan tetapi, kata Yunus, peningkatan suhu permukaan bumi tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Karena kondisinya masih dalam batasan yang normal dan biasa. Tidak mengakibatkan peningkatan suhu udara drastis dan ekstrim.

“Suhu rata-rata di wilayah Indonesia pada saat periode equinox berkisar antara 32-36 derajat Celsius. Dan itu tergantung pada kondisi cuaca. Jika banyak awan, maka suhu maksimumnya relatif tidak terlalu panas,” ujar dia.

Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi, di mana posisi semu matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Persitiwa equinox merupakan peristiwa alami yang terjadi dua kali dalam setahun. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*