Home » Bandung » Pemprov Jabar Selesaikan Pemeriksaan Interim LKPD TA 2016

Pemprov Jabar Selesaikan Pemeriksaan Interim LKPD TA 2016

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyelesaikan rangkaian pemeriksaan pendahuluan atau pemeriksaan interim Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2016. Pemeriksaan yang sudah berlangsung sejak 40 hari lalu ini diuraikan hasilnya dalam Exit Meeting Pemeriksaan Interim LKPD TA 2016 Pemprov Jawa Barat oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Barat di Ruang Manglayang Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Kamis (23/3/17).

Exit meeting ini berlangsung sebagai tanda berakhirnya pemeriksaan interim LKPD. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai langkah pendampingan BPK kepada Pemprov Jawa Barat dalam menyusun laporan keuangannya sebelum diserahkan kepada BPK. Selanjutnya pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyusun laporan keuangannya secara rinci.

“Pemeriksaan interim ini dilakukan sebagai pemeriksaan awal, termasuk memeriksa konsep laporan keuangan untuk didahulukan supaya konsepnya pas dengan konsep yang disepakati,” kata Aher usai exit meeting.

Aher mengaku hasil pemeriksaan interim ini menurut BPK sudah baik dan aman. Laporan sendiri akan diserahkan kepada BPK Perwakilan Jawa Barat pada 27 Maret 2017 mendatang. Kemudidam pada 3 April 2017 mendatang tim pemeriksa BPK kembali lagi untuk memeriksa secara rinci laporan keuangan yang telah dibuat Pemprov Jawa Barat.

“Pemeriksaan sesungguhnya 3 April (2017) kesana, sehingga April atau awal Mei sudah ada hasil WTP atau tidak WTP. Mudah-mudahan WTP, kalau WTP lagi kita (Pemprov Jawa Barat) enam kali berturut-turut, Insya Allah, optimis!” ujar Aher.

Pihak BPK mengatakan tujuan dari pemeriksaan interim ini adalah untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam proses pemeriksaan, sekaligus menyiasati pendeknya waktu yang diberikan undang-undang untuk memeriksa LKPD. BPK memiliki waktu pemeriksaan LKPD dua bulan. (hms/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*