Home » Cirebon » Ini Program Kerja Desa Gembongan Gunakan Dana Desa 2017

Ini Program Kerja Desa Gembongan Gunakan Dana Desa 2017

CIREBON – Pemerintah di setiap Desa memiliki program pembangunan infrastruktur dan pemberdayaannya masing-masing, anggaran tersebut berasal dari Dana Desa di pemerintah pusat. Begitupun dengan pemeritah Desa Gembongan, Kec Babakan, Kab Cirebon. Bila Dana Desa 2017 cair nantinya akan dipergunakan untuk kegiatan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Yuk kita bedah seperti apa spesifikasi program kerjanya!

Carlim – Kuwu Desa Gembongan

Kuwu Desa Gembongan, Carlim, kepada jabarpublisher.com mengatakan, banyak yang akan ia bangun demi visi memajukan desanya. “Saya punya rencana, kalau Dana Desa tahun sekarang cair makan akan saya alokasikan untuk pembangunan dan pemberdayaan para warga. Banyak yang harus dibangun seperti, saluran pembangunan air limbah (SPAL) di Dusun 1 sampai Dusun 4, pengaspalan Dusun 3 sampai Dusun 4 dan pengaspalan, dan hotmix di Dusun 2 dan Dusun 4,” kata Carlim, Selasa (18/4/2017).

Masih dikatakan Carlim, ternyata tidak hanya pembangunan itu saja masih banyak lagi pembangunan di Desa Gembongan ini. “Rehab jembatan penghubung jalan Desa Gembongan dengan Desa Babakan, pembangunan lapangan olahraga, rehab masjid Jami Baiturrahim, rehab madrasah Diniyah, pengerasan jalannya usaha tani, dan juga pembelian mobil siaga Desa,” imbuh Kuwu Gembongan, Carlim.

Kantor Kuwu Desa Gembongan

Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat, Carlim menjelaskan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukannya, salah satunya adalah penunjang kegiatan posyandu. “Pengandaan keranda jenazah berikut bak pemandiannya, disediakan kain kafan bagi keluarga yang tidak mampu, penunjang kegiatan musholla-musholla, dan penunjang kegiatan posyandu,” ujarnya.

Tak sampai disitu, Carlim juga akan menggeakkan sektor kepemudaan di desanya yakni dengan menggelar pelatihan kewirausahaan Karang Taruna, peningkatan kapasitas perangkat Desa, penunjang kegiatan Operasional PAUD, pelatihan KPMD, sosialisasi dan pembentukan BUMDES. “Dan tak lupa santunan yatim piatu juga lansia pun akan kami salurkan,” tukasnya. (adv/crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.