Home » Bandung » Hanya Ikan Sapu-sapu Yang Sanggup Hidup di Sungai Cikeruh

Hanya Ikan Sapu-sapu Yang Sanggup Hidup di Sungai Cikeruh

Hanya Ikan Sapu-sapu Yang Sanggup Hidup di Sungai Cikeruh

BANDUNG – Banyaknya sampah di sungai Cikeruh yang terletak di perbatasan Rancaekek-Cileunyi menyebabkan tidak ada ikan yang sanggup hidup di sungai tersebut, kecuali satu, ikan sapu-sapu.

Menurut pengabatan di sungai Cikeruh, Senin (31/7/2017), tampak ikan sapu-sapu muncul ke permukaan air ketika sampah di sungai mulai diangkat oleh backhoe.

Ikan sapu-sapu sendiri hidup tidak tepat di bawah permukaan sampah melainkan di bagian sungai Cikeruh sebelah kanan jembatan bila dari arah Cileunyi.

Bagian sungai tersebut tidak terlalu ditutupi sampah di permukaannya, tidak seperti bagian kiri jembatan yang penuh dengan sampah. “Kalau dulu, berbagai ikan ada, ikan mas, ikan mujaer, impun. Kalau sekarang tinggal ikan sapu-sapu yang tidak bisa dimakan,” ujar Ju’id (60), warga Rancaekek.

Menurut Ju’id, sebelum penuh dengan sampah, banyak ikan yang hidup di sungai tersebut. Ikan-ikan tersebut dulu bahkan masih dapat dikonsumsi oleh masyarakat sekitar, sayangnya setelah banyak sampah, ikan-ikan tersebut mati dan tidak pernah ditemukan lagi di sungai tersebut.

“Sekarang tinggal ikan sapu-sapu, paling dipancing oleh peternak bebek untuk pakan bebek,” ujar Ju’id. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.