Home » Nasional » Luar Biasa! Robot Wowwi Buatan Anak Indonesia Sabet Juara 2 Tingkat Internasional

Luar Biasa! Robot Wowwi Buatan Anak Indonesia Sabet Juara 2 Tingkat Internasional

Luar Biasa! Robot Wowwi Buatan Anak Indonesia Sabet Juara 2 Tingkat Internasional

JAKARTA – Tim robot dari Madrasah Aliyah TechnoNatura mampu membuktikan bahwa pelajar Indonesia dapat bersaing dalam kompetisi robot tingkat internasional. Bulan lalu, tepatnya 16-18 Juli 2017, tim bernama The Never Before ini menyabet juara kedua kompetisi First Global Challenge International Robot Olympics 2017 yang dihelat di Washington D.C, Amerika Serikat. Menjadikan tim ini sebagai salah satu tokoh 17 Agustus 2017 karena dianggap dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda di Tanah Air.

Mereka menjelaskan bagaimana proses persiapan, kompetisi, sampai detik-detik pengumuman juara. Mereka menuturkan pengalamannya bertemu dengan pelajar dari negara-negara lain selama berkompetisi, seperti yang dilansir dari tempo.

Selesai wawancara, mereka memperagakan bagaimana cara kerja robot berbentuk tank yang dinamai Robot Wowwi (Wowter Wizard) itu. Sesuai tema kompetisi ini yaitu Access to Clean Water, robot itu bergerak mengambil bola oranye dan bola biru yang merupakan simulasi air yang terkontaminasi dan air bersih. Berikut ini petikan wawancara dengan 4 dari 10 anggota tim tersebut, yakni Raditya Athalla Rafi, Hisham Wahono, Naufal Rashad Aryaputra, dan Muhammad Azeez Maree.

Apa alasan bergabung dengan tim robot?

Raditya: Saya memang sudah suka robot dari kecil, dari SD. Saya suka menggambar robot, nonton TV show tentang robot.

Naufal: Di Madrasah Aliyah ini sehari-hari membuat project. Jadi, ketika ditawari ada proyek robot, seperti tertantang untuk mencoba. Jadi saya ngajuin diri.

Hisham: Nanti di masa depan akan ada masanya semua pekerjaan keras tidak lagi dikerjakan manusia. Saya ingin nanti jadi orang yang membuat, bukan yang hanya menikmati. Jadi cita-cita saya bikin robot.

Azeez: Saya dari kecil memang suka robot, suka buat mainan robot. Jadi ketika ditawari bergabung dengan tim robot, saya mau.

Kenapa robot yang kalian ciptakan bentuknya tank?

Raditya: Karena kami suka tank, apalagi yang ikonik untuk menembak adalah tank. Selain itu, ada syarat robotnya harus berukuran volume 50 x 50 x 50 sentimeter. Jadi, kami harus menyesuaikan juga dengan bola yang harus diambil.

Hisham: Ini robotnya kan nembak, jadi kami terinspirasi tank.

Sempat terbayang bentuk lain?

Hisham: Tidak.

Mengapa namanya Robot Wowwi?

Hisyam: Wowwi itu dari Wowter Wizard. Wowter itu nama game kakak kelas kami. Dalam game itu Wowter bertugas membersihkan sungai. Kami pikir prinsipnya sama, yaitu ngebersihin. Wizard artinya penyihir, yang menyihir jadi bersih.

Ada usul nama lainnya?

Hisham: Alfaboat. Alfa artinya pemimpin. Tapi untung tidak jadi nama itu. Tim Pakistan juga pakai nama itu.

Raditya: Sempat ramai waktu membahas nama robot. Ada yang usul nama Sapu-sapu, Cilorboat 2000. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*