Home » Techno » Gadget » Hati-hati! Resiko Besar Isi Daya HP Dalam Mobil
Hati-hati! Resiko Besar Isi Daya HP Dalam Mobil

Hati-hati! Resiko Besar Isi Daya HP Dalam Mobil




Hati-hati! Resiko Besar Isi Daya HP Dalam Mobil

JAKARTA – Pengguna telepon genggam sudah bergantung dengan listrik. Untuk menjaga kondisi baterai handphone tetap menyala, banyak orang melakukan pengisian ulang baterai di output lighter di mobil.

Ternyata langkah tersebut kurang baik. Memang proses pengisian baterai HP di dalam mobil dengan menggunakan power output yang berasal dari lubang pemantik api (lighter), memang mudah dan praktis.

Tapi menurut Astraworld, melalui akun twitternya, menulis langkah tersebut dapat merusak kondisi mobil khususnya pada bagian kelistrikan.

Hal ini disebabkan kondisi listrk di mobil cenderung tidak stabil dan akan semakin tidak stabil dengan digunakannya listrik untuk keperluan pengisian daya baterai ponsel. Kondisi ini dapat mempengaruhi output pada alternator.

Selain mempengaruhi kelistrikan mobil, ada risiko akan memperpendek masa pakai baterai HP atau gadget lainnya. Biasanya baterai handphone akan menggembung bahkan dalam kondisi ekstrim bisa meledak. Melihat resikonya yang besar, maka mengisi daya handphone dalam mobil tidak disarankan.

Namun bila memang harus melakukan pengisian daya melalui lighter, maka pastikan tidak ada barang yang mudah terbakar di sekitar handphone. Pastikan beberapa langkah tersebut:

1. Jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas, busa ataupun kain.
Gunakan baterai dan charger yang berkualitas sesuai dengan standar pabrikan HP atau gadget yang digunakan.
2. Hentikan proses pengisian baterai apabila HP atau charger menjadi panas.
3. Hindari menelepon atau menerima telepon saat HP sedang diisi ulang. Sebaiknya lepas charger dari HP ketika harus menelepon atau menerima telepon.
4. Jauhkan dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebihan saat menyimpan baterai HP. (dbs)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top