Home » Cirebon » Pemkab Tutup Mata, Puluhan Ton Sampah Hiasi Bendungan Canggong

Pemkab Tutup Mata, Puluhan Ton Sampah Hiasi Bendungan Canggong

CIREBON – Puluhan ton sampah terlihat hampir ingin menutupi permukaan sungai di bendungan Canggong sungai Cipager Desa Battembat Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon.

Pantauan jabarpublisher.com dilapangan setiap memasuki musim kemarau tiba sampah-sampah dari hulu tidak akan terbawa oleh arus sungai sehingga terjadi penumpukan memenuhi area sungai dibendungan canggong tersebut.

Hal tersebut dikeluhkan beberapa warga sekitar bantaran sungai bendungan Canggong Ipin (56). Dirinya mengeluhkan setiap kali memasuki musim kemarau ini sampah selalu saya menumpuk disini. Alhasil aroma bau yang ditimbulkan sampah tersebut sangat mengganggu.
“Sudah sungai jadi hitam, mata memandang pun terasa sungkan ditambah aroma tidak sedap. Mau sampai kapan musim-musum kemarau sungai ini bebas dari sampah,” seru Ipin, Senin (21/8/2017).

Diharapkan, kepada warga masyarakat di hulu sungai Cipager tolong jangan buang sampahnya kesungai. “Yang buang sih tidak merasakan apa yang dirasakan kami warga sekitar bantaran sungai.  Kami mohon kepada semua siapa saja janganlah buang sampah ke sungai,” ungkapnya.

Warga lain Idris (55) menambahkan, ini bukan satu tahun atau dua tahun penumpukan sampah seperti ini sudah puluhan tahun terjadi seperti ini. Pihaknya berharap ada upaya sigap dari pemerintah daerah untuk segera melakukan normalisasi sungai Cipager ini. “Kita harap segera lah di keruk, jangan menunggu lama, karena kondisinya sudah menumpuk,” terang Idris.

Ditambahkan pria yang hobi memancing ikan disungai ini, dengan adanya tumpukan sampah ini hobinya tidak bisa tersalurkan. “Mau mancing ikan gimana, orang yang ada sampah semua, mana ada ikan yang mau hidup disekitar itu,” tukasnya. (gfr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*