Home » Bekasi » Rayakan HUT RI ke-72, Warga Karang Sari Adakan Kirab 5000 Bendera Merah Putih

Rayakan HUT RI ke-72, Warga Karang Sari Adakan Kirab 5000 Bendera Merah Putih

Rayakan HUT RI ke-72, Warga Karang Sari Adakan Kirab 5000 Bendera Merah Putih

BEKASI – Ribuan pemuda-pemudi dan warga Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur rayakan HUT RI ke-72. Cara yang dilakukan cukup menarik perhatian publik, mereka melakukan Kirab 5000 Bendera Merah Putih di sepanjang Jalan Raya Karangsari-Lemah Abang, Minggu (20/08).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri 5000 lebih warga Desa Karang Sari untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Cikarang timur dan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Nyumarno.

Kepala Desa Karangsari Umbara, mengatakan, kegiatan tersebut atas inisiatif dari para pemuda-pemudi Desa Karangsari, untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 dan agar masyarakat sekitar bisa timbul rasa Nasionalisme serta mempunyai nilai-nilai Pancasila. “Kami selaku pemerintah desa mendukung kegiatan-kegiatan pemuda yang positif. Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini kita lakukan di hari Minggu, karena mayoritas penduduk kita itu adalah buruh pabrik,” kata Kades, Umbara.

Panca Bantala, selaku Ketua Panitia membenarkan pernyataan Pak Kades. Bahwa dirinyalah bersama rekan pemuda-pemudi Karangsari yang menginisiasi agenda perayaan HUT RI ke-72 ini. “Acara ini sudah direncanakan dari jauh hari, awalnya ingin diadakan bukan Kirab Bendera Merah Putih, dulu rencana awal kita karnaval dan bentangkan bendera merah putih yang besar, sepanjang 1KM. Namun dalam perjalanan diskusi bareng muda-mudi di Karangsari dan Pak Dewan Nyumarno, kita rubah menjadi Kirab 5000 Bendera Merah Putih,” tutur Panca.

Dirinya mengakui, sangat berterimakasih kepada rekan-rekan panitia yang lain, seperti Rudi Hartono, Nanang, Anda Suhanda, Dedi Iskandar, Ferry Sandria, Kusnandar, Riyan, Nenda, Dede, Imam Sopwan, Deni, Rezky, dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Juga pihak-pihak sponsor yang sudah turut membantu, baik secara materi maupun door prize.

Ditanya tentang maksud dan tujuannya, Panca Bantala selaku Ketua Panitia menjawab, ini bentuk penghargaan pihaknya bersama warga kepada Sang Saka Merah Putih, serta untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini kepada rekan-rekan pemuda pemudi Karangsari. “Desa Karangsari ini juga napak tilasnya Bung Karno pendiri bangsa, terletak antara Karawang-Bekasi, ini juga point yang ingin kita ingatkan terus,” pungkasnya

Sementara itu ditempat yang sama, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno mengatakan, bahwa moment perayaan HUT RI ke-72 ini dapat dirayakan dengan berbagai cara. Salah satunya yang diinisiasi rekan-rekan Pemuda-Pemudi Karangsari ini. “Dulu awalnya mereka (Pemuda-Pemudi Karangsari) pengennya karnaval dengan membentangkan Bendera Merah Putih lebarnya 4m dan sepanjang 1 km,” ujarnya.

“Saat beberapa kali diskusi, waktu itu bulan puasa di Desa Karangsari, saya sarankan rekan-rekan mengganti kegiatan dengan Kirab 5000 Bendera Merah Putih dulu saja. Mengingat event ini baru akan dilaksanakan pertama kali, kita belum bisa lihat nanti kerapian barisan peserta saat dijalan. Takutnya kalau dengan karnaval Bendera Merah Putih selebar 4m dan sepanjang 1km malah mengganggu pengguna jalan yang lain, disamping juga rada susah memesan bendera sepanjang itu,” ungkapnya.

Dalam acara ini Nyumarno mengapresiasi tentang kinerja para pemuda-pemudi Karangsari ini, acara dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti. Apresiasi Nyumarno juga ditujukan kepada Kades, Camat, serta pihak-pihak yang turut membantu pelaksanaan Kirab 5000 Bendera Merah Putih ini. Dan yang paling penting, pesan moral mereka didalam menumbuhkan nasionalisme kepada pemuda pemudi tersampaikan dengan baik. Mereka mampu mengajak dan mempersatukan 16 Organisasi Kepemudaan di Desa Karangsari Cikarang Timur serta melibatkan peserta dari beberapa Sekolah SLTP dan SLTA di Wilayah Cikarang Timur.

“Mereka ini luar biasa, bayangkan saja, semalam saja jam 11 malam, rekan-rekan panitia masih berkoordinasi dengan saya janjian di depan SMKN 2 Cikarang Barat. Mereka melaporkan update kesiapan Kirab Bendera ke saya, dan masih sibuk mencari kekurangan 3000 akomodasi untuk peserta. Alhamdulillah pagi tadi akomodasi snack untuk peserta terselesaikan, tidak ada kendala. Salut dan bangga untuk rekan-rekan pemuda pemudi Desa Karangsari ini, mudah-mudahan kegiatan seperti ini juga dapat meluas ke daerah-daerah lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di Desa Karangsari ini terdapat 16 komunitas organisasi pemuda, diantaranya SERCAL, IPGP, GPS, BOSLON, PJB, IRMA, HBRC, IPBM, IPKAR, Checo, LPM, OI BERKEM, RGT, IRKAT, KARANGSARI VISIONER, dan organisasi baru TMP (Taruna Merah Putih) Karangsari. (iar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.