Home » Cirebon » Desa Kertawangun Gunakan DD 2017 Untuk Kegiatan Ini
Desa Kertawangun Gunakan DD 2017 Untuk Kegiatan Ini

Desa Kertawangun Gunakan DD 2017 Untuk Kegiatan Ini




Desa Kertawangun Gunakan DD 2017 Untuk Kegiatan Ini

CIREBON – Pemerintah pusat akan merealisasikan penyaluran dana desa (DD) tahun 2017 kepada pemerintah desa. Dana desa tersebut bakal disalurkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ke rekening milik desa. Hal itu jelas disambut antusias para kepala desa (kades) atau kuwu se-Indonesia.

Tak terkecuali Kuwu Desa Kertawangun, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, yang telah menggunakan DD tahap 1 tahun 2017 yang sudah cair sebesar 60 persen tersebut untuk infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa di tahun 2017 ini untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa di bidang Pembangunan Infrastruktur Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kuwu Desa Kertawangun, Jenal Abidin, mengatakan kepada jabarpublisher.com, Senin (6/9) DD tahap 1 telah digunakan untuk peningkatan pembangunan infrastruktur jalan hotmix di 3 Dusun. “Yakni Dusun 1 sampe Dusun 3. Dan pembangunan tiang pancang penyanggah penampung air satu titik di Dusun 2,” jelas Kuwu Desa Kertawangun.

Masih dikatan Jenal, sedangkan untuk pemberdayaan masyarakatnya digunakan untuk memberikan insentif kepada para guru. “Seperti guru paud, insentif guru MD, guru ngaji, penyelenggaraan keagamaan. Dan Banprov tahap pertama dialokasikan untuk pembangunan balai desa,” imbuh Jenal Abidin.

Lanjut dikatakan Jenal Abidin, rencananya DD tahap dua akan digunakan untuk peningkatan lapangan sepak bola, tiang pancang dan hotmix. “Dan juga rencananya Banprov tahap ke dua akan digunakan untuk balai desa. Saya ingin kedepannya desa ini lebih baik dan sejahtera,” tandasnya. (adv/crd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top