Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Kekeringan, Petani Cabai di Tasik Menelan Kerugian Hingga Puluhan Juta
Kekeringan, Petani Cabai di Tasik Menelan Kerugian Hingga Puluhan Juta

Kekeringan, Petani Cabai di Tasik Menelan Kerugian Hingga Puluhan Juta

Kekeringan, Petani Cabai di Tasik Menelan Kerugian Hingga Puluhan Juta

TASIK – Akibat musim kemarau sejumlah petani cabai di Tasik gagal panen. Selain musim kemarau, kerusakan tanaman juga disebabkan karena serangan hama yang membuat tanaman muda kering dan membusuk. Dengan begitu, para petani cabai harus menelan kerugian puluhan juta rupiah.

Musim kemarau terus melanda sejak beberapa bulan terakhir di Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasik. Guna mengantisipasi kerugian lebih besar, para petani terpaksa memanen lebih awal sebelum massa panen tiba. Akibatnya kualitas cabai yang dihasilkan kurang maksimal seperti biasanya.

Karena hasilnya tidak memuaskan, para petani rencananya akan kembali menanam hingga musim hujan mendatang. Panen dini yang dilakukan para petani membuat pasokan cabai berkurang, sehingga berimbas kepada harga cabai di beberapa wilayah yang melonjak tajam.

Seperti yang diungkapkan salah seorang petani, Abdul Hafid, ia merugi hingga puluhan juta rupiah. “Memasuki panen yang ke dua keburu kemarau. Ya kalau perhitungan mah rugi,” ujar Abdul Hafid, saat ditanya sejumlah wartawan di kebun miliknya, Senin (11/09/2017)

Di tengah musim kemarau yang masih melanda wilayah Tasikmalaya, para petni tidak patah arang. Mereka tetap berkebun dengan harapan hujan secepatnya turun, agar para petani cabai bisa kembali menanam. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top