Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Rumah Nenek Iyah Hangus Dilahap Si Jago Merah

Rumah Nenek Iyah Hangus Dilahap Si Jago Merah

Rumah Nenek Iyah Hangus Dilahap Si Jago Merah

TASIK – Kebakaran menghanguskan sebuah rumah di Kampung Kalangsari, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasik, Sabtu (16/9/2017) petang. Rumah yang berada di kawasan padat penduduk itu milik pasangan suami istri, Sahili (75) dan Iyah (70).

“Kejadian kebakaran tersebut diduga berasal dari tungku yang terbuat dari batu bata dengan bahan kayu bakar,” kata Danru Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya. Zaenal Arifin saat di tanya sejumlah wartawan di lokasi kejadian.

Ia menceritakan, sebelum kejadian nenek iyah sedang memasak air dengan tungku dan dengan kayu bakar di dapur. “Saat itu Iyah pergi ke masjid untuk melaksanakan pegajian rutin dengan meninggalkan tungku masih keadaan menyala,” ujarnya.

Dikarenakan rumah korban berada di gang-gang sempit, membuat mobil Damkar sulit untuk memadamkan api tersebut. Sedikitnya dua pemadam kebakaran milik Pemerintahan Kota Tasik, diterjunkan untuk memadamkan api yang melalap habis rumah tersebut.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka, hanya saja rumah tersebut rata dengan tanah akibat kebakaran tersebut.

Sementara itu, salah seorang warga Ruswita mengatakan, beruntung Wa Ili panggilan akrab Sahili berhasil dievakuasi warga ke tempat aman. “Sedangkan istrinya Wa Iyah sedang pergi menghadiri pengajian rutin,” katanya.

Lanjut Ruswita, saat itu Ia melihat api menyala di ruang dapur korban. “Saat itu saya berada di rumah sebelah dan saya kaget kemudian keluar. Saat itu, api sudah besar dan membakar bangunan rumah yang semi permanen ini,” jelasnya.

Ruswita meminta tolong warga yang lain untuk memadamkan api yang makin besar karena tiupan angin kencang. Api pun dengan cepat merambat ke bagian atap rumah. Dengan peralatan yang seadanya, warga sekitar berusaha untuk memadamkan api. Tak lama pemadam kebakaran tiba api pun dapat dijinakkan. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*