Home » Nasional » PT YIMM Adopsi Mio S Sebagai Keluarga Baru Skutik

PT YIMM Adopsi Mio S Sebagai Keluarga Baru Skutik

OTOMOTIF – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tambahkan varian baru di keluarga skutik entry level-nya, Mio S. Model ini diklaim punya fitur yang lebih bagus dengan harga yang kompetitif di segmennya.

Dionysius Beti, Executive Vice President Director YIMM mengatakan, kalau harganya hanya dibanderol Rp 15,7 juta atau berbeda Rp 1 juta dari Mio Z, dengan banyak fitur yang ditambahkan. Kemudian ubahan lainnya ada pada tampilan dan performa.

β€œIni boleh dibilang entry level yang smart and sophisticated. Sudah mengadopsi lampu LED, di mana tubuhnya didesain sesuai dengan segmennya, bisa untuk perempuan dan lak-laki. Tapi umunya untuk perempuan,” ujar Dion, Sabtu (14/10/2017).

Mio S memiliki dimensi panjang 1.870 mm, lebar 685 mm dan tinggi 1.060 mm. Meski disebut lebih ramping dari Mio lainnya, secara platform masih sama. Sementara itu jarak sumbu rodanya 1.260 mm, dengan jarak terendah ke tanah 135mm, dan bobot mencapai 94 kilogram.

Soal mesin, Mio berkapasitas 125cc yang sanggup mengeluarkan tenaga sampai 7,0 kw @8.000rpm. Kemudian torsinya sebesar 9,6 Nm @5.500rpm.

Fitur

Disebut sebagai varian Mio S Tubeless & Ban Lebar, model ini diklaim menjadi pionir di kelas skutik entry level yang menggunakan lampu LED Headlight. Bodi yang ramping dikombinasikan bersama lampu depan LED dan desain bernuansa berlian, makin terlihat elegan dan stylish.

Keuntungan lainnya, ruang kaki menjadi lebih lebar, di mana ini bisa mendukung aktivitas anak muda aktif. Pada bagian tengah, dilengkapi kait barang yang bisa dilipat, sehingga lebih praktis.

Mio S Tubeless & Ban Lebar juga dibekali Answer Back System (ABS), yang memudahkan pemilik motor mencari motornya di parkiran. Cukup dengan menekan tombolnya satu kali, maka alarm berbunyi dan pengendara akan tahu posisi motor. Selain itu, ada tambahan lainnya, yaitu lampu hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Body belakang Yamaha Mio S

Spesifikasi Mio S Tubeless & Ban Lebar

Dimensi

P X L X T : 1870 X 685 X 1060 (mm)
Jarak sumbu roda : 1260 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 750 mm
Berat isi : 94 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,2 L

Rangka

Tipe rangka : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unit swing
Ban depan : 80/80-14M/C 43P – Tubeless
Ban belakang : 100/70-14M/C 51P – Tubeless

Mesin

Tipe mesin : Air cooled 4-stroke, SOHC
Susunan silinder : Single cylinder
Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Volume silinder : 125 cc
Daya maksimum : 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum : 9,6 Nm / 5500 rpm
Sistem starter : Electric & kick starter
Sistem pelumasan : Wet sump
Kapasitas oli mesin : Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem bahan bakar : Fuel injection
Tipe kopling : Dry, centrifugal automatic
Tipe transmisi : V-belt automatic

Kelistrikan

Sistem pengapian : TCI
Battery : YTZ4V
Tipe busi : CR6HSA . (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*