Home » Bandung » Artha Graha Turut Sukseskan Terwujudnya “Citarum Harum”

Artha Graha Turut Sukseskan Terwujudnya “Citarum Harum”

BANDUNG – Artha Graha Network melalui Artha Graha Peduli ikut mendukung program Citarum Harum yang digagas Kodam III Siliwangi guna menjaga ekosistem dari pencemaran dan kerusakan lingkungan yang terjadi di daerah aliran sungai citarum.

Hal ini disampaikan koordinator Artha Graha Peduli (AGP), Andreas Wisesa saat mengikuti kegiatan pra program citarum harum yakni Karya Bhakti yang dilakukan Kodam III Siliwangi membenahi ekosistem hulu sungai Citarum di Situ Cisanti Kab. Bandung, (3/12). Menurutnya, program yang digagas Pangdam Siliwangi ini sejalan dengan konsentrasi AGP dalam menanggulangi dan menjaga kelestarian lingkungan hidup, dalam hal ini perbaikan ekosistem dan lingkungan hidup di daerah aliran sungai citarum. “untuk itu kami (AGP) akan mendukung penuh program kembalikan harum citarum ini”, ujarnya.

Guna mendukung keberlangsungan program, kata Andreas, Artha Graha Peduli telah mempersiapkan relawan sesuai yang dibutuhkan. Sejauh ini kami selalu mengikuti pertemuan yang dilakukan oleh Kodam Siliwangi, guna mengetahui kebutuhan apa saja yang dapat kami bantu untuk keberlangsungan program. “Dalam kegiatan karya bhakti kali ini, kami datang bersama 25 orang relawan sebagai tim utama”, terang Andreas.

Sebagai perusahaan milik swasta tetapi digunakan untuk kepentingan umum sebagai filosofi utamanya, Artha Graha Network melalui Artha Graha Peduli konsentrasi dalam lima pilar yakni peduli lingkungan hidup, penanganan bencana, pengembangan pendidikan&kesehatan, ketahanan pangan&pemberdayaan masyarakat juga bantuan dalam bidang hukum.

Dalam mendukung program citarum harum dengan mengerahkan relawan, seyogyanya ikut memberikan bantuan yang bersifat mengedukasi masyarakat melaui pemberdayaan masyarakat sekitar aliran sungai. Mengingat masalah citarum bukan hanya sekedar kerusakan ekosistem. Potensi bencana, ketahanan pangan serta kesehatan juga menjadi dampak yang ditimbulkan dari pencemaran sungai citarum.

“Setelah kegiatan ini, kami akan berkoordianasi dengan kodam siliwangi sesuai arahan panglima kodam, tim kami akan ikut dalam ekspedisi yang akan diturunkan sepanjang aliran sungai guna menggali data dan pemetaan masalah yang terjadi di masing-masing wilayah aliran”, pungkasnya. (cuy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*