Home » Bekasi » Dinas Perdagangan Sita Obat dan Kosmetik dari Tiongkok
Dinas Perdagangan meminta dokumen obat dan kosmetik yang dijual di salah satu apotek saat razia di Kecamatan Tambun Selatan. (foto jar)

Dinas Perdagangan Sita Obat dan Kosmetik dari Tiongkok

BEKASI – Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi menggelar razia di sejumlah apotek dan toko obat yang berada di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, Rabu (13/12) siang.

Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian dan Evaluasi Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Donny Sirait menjelaskan, Tambun Selatan merupakan tempat keenam yang disambanginya untuk memonitoring peredaran obat-obatan dan kosmetik yang diperjualbelikan di sejumlah apotek dan toko obat yang ada di Kabupaten Bekasi. Sebelumya, monitoring telah dilakukan di wilayah Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Barat , Cikarang Timur dan Cikarang Utara.

“Selama ini banyak kita temukan di lapangan beredar obat yang belum punya surat izin edar BPOM. Kemarin ada obat tradisional dari Cina belum punya izin edar BPOM,” kata Donny Sirait.

Dijelaskan Donny, monitoring dilakukan sebagai upaya dari pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen agar tidak mengonsumsi barang berbahaya, yang tidak ada izin edar dan belum aman dikonsumsi.

“Jadi langkah ini dilakukan dalam upaya melindungi konsumen dari peredaran obat ataupun kosmetik yang belum memiliki izin edar maupun label BPOM yang dapat membahayakan masyarakat, karena selain berbahaya obat maupun kosmetik tersebut belum tentu memiliki khasiat yang teruji,” ungkapnya.

Dari hasil razia, Dinas Perdagangan mengamankan 1 jenis lipstik yang dicurigai belum mempunyai izin edar dari salah satu toko kosmetik di Pasar Tambun. “Temuan-temuan selama ini akan kita rekap dan kita laporkan ke Bupati dan BPOM Jawa Barat,” ungkapnya.

Dalam razia yang dilakukan di wilayah Tambun Selatan ini Dinas Perdagangan melibatkan aparat dari Satpol PP, TNI dan kepolisian.  Razia obat obatan yang tidak memilik izin edar BPOM akan terus dilakukan Dinas Perdagangan agar wilayah Kabupaten Bekasi aman dari obat-obatan yang tidak memiliki izin edar dan dapat membahayakan masyarakat. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.