Home » Cirebon » Jelang Arus Mudik dan Balik Lebaran, PMI Gencar Penuhi Stok Darah

Jelang Arus Mudik dan Balik Lebaran, PMI Gencar Penuhi Stok Darah

CIREBON – Mendekati musim mudik lebaran. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk memenuhi stok darah.

Upaya yang dilakukan diantaranya adalah selalu terjun selama 1x24jam untuk mendapatkan stok-stok darah. Salah satunya adalah bekerja sama dengan gereja-gereja, maupun tempat-tempat nonmuslim lainnya.

“Stok darah saat Ramadhan memang mengalami penurunan di bandingkan bulan-bulan biasanya. Tetapi kita tak tinggal diam, terus mengejar target agar setiap harinya bisa tercapai. Target setiap harinya 300 kantong dan dalam sebulan kita target 3.000 kantong,” kata Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana Supardi kepada wartawan, Rabu (30/05/2018).

Dengan cara ini, diakui Heviyana, untuk menghadapi arus mudik hingga arus balik stok darah dipastikan akan aman. “Adapun darah yang lebih banyak dibutuhkan, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Cirebon yakni darah O. Karena populasi darah yang satu ini lebih banyak dibandingkan jenis darah lainnya. Sedangkan yang sedikit darah AB karena memang populasi darah ini di kita ini sedikit,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pada arus mudik dan balik nanti, selain pihaknya membuka posko di wilayah Astanajapura, Tegalkarang, Weru, dan penyediaan mobil keliling, juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.