Home » Cirebon » Mulai Diperbaiki, Jalan Sumber – Ciledug Aspalnya Setipis Karpet

Mulai Diperbaiki, Jalan Sumber – Ciledug Aspalnya Setipis Karpet

CIREBON – Ruas jalan Sumber Kidul – Ciledug yang sebelumnya rusak parah, kini mulai diperbaiki. Di sisi sebelah timur (dekat persimpangan Ciledug – Playangan), pengerjaannya terpantau sudah rampung. Kini para pekerja sedang mengerjakan ruas jalan sebelah barat (arah menuju Desa Sumber Kidul).

SEBELUM PERBAIKAN – Ruas jalan Sumber – Ciledug sebelum diperbaiki tampak rusak, tergenang air dan membahayakan penggunak jalan.

Salah satu sumber Jabar Publisher, Kamis (17/8/2018) mengatakan, perbaikan jalan sisi timur sudah selesai sejak satu minggu ke belakang. Namun Ia mengeluhkan permukaan aspal yang terlihat sangat tipis. “Betul, sekitar seminggu lalu di ruas sebelah sini sudah selesai. Tapi lihat aspalnya mas, tipis banget. Paling juga gak sampai 6 bulan sudah hancur lagi,” ungkap narasumber yang namanya enggan dipublish ini.

JP pun langsung mengecek kontur jalan yang dimaksud. Ternyata benar, meski permukaannya kini sudah mulus, namun aspalnya tipis sekali, diperkirakan tinggi material aspal yang terlihat dengan mata telanjang tak sampai 10 cm. Untuk itu, para pengguna jalan berharap, dinas terkait dalam hal ini Dinas Bina Marga Kab Cirebon (Sekarang Dinas PUPR) bisa mengawasi betul perbaikan jalan yang ada di wilayah Cirebon Timur. Mengingat Gerbang Tol Ciledug kini sudah difungsikan sehingga jalur tersebut bakal lebih sering dilalui kendaraan berat termasuk dari luar kota.

“Tol Ciledug sudah dibuka, kita warga Cirebon malu juga kalau masih rusak jalannya. Dan Alhamdulillah di Sumber dan Playangan sekarang sudah diperbaiki. Tapi kalau perbaikannya asal-asalan dan bakal cepat rusak ya percuma saja. Hanya bikin boros anggaran saja. Ngentoki duit rakyat mas (menghabiskan uang rakyat-red),” cetus Indah, salah seorang guru honorer yang setiap hari melintas jalur itu.

Masih dari pantauan JP, di sepanjang jalan yang sedang diperbaiki itu, juga tidak terlihat papan proyek perbaikan jalan. Padahal dalam setiap program pemerintah khususnya di bidang fisik, pemasangan papan proyek adalah sebuah keharusan. Karena selain sebagai informasi, keberadaan papan pekerjaan juga sebagai wujud transparansi kepada masyarakat.

Sementara itu, sebagai informasi, pasca terpilihnya kembali Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra, banyak juga ruas jalan di Cirebon Timur yang belum tersentuh perbaikan, seperti di Desa Kalimekar yang masuk dalam paket Jalan Kalipasung – Serang. (jay/jp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*