Home » Bandung » Indonesia Infrastructure Week 2018, Pemprov Jabar Tawarkan Proyek Infrastuktur Unggulan

Indonesia Infrastructure Week 2018, Pemprov Jabar Tawarkan Proyek Infrastuktur Unggulan

BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memboyong 25 Proyek Infrastuktur di Jawa Barat senilai kurang lebih Rp280 Triliun yang akan ditawarkan dalam Pameran Indonesia Infrastructure Week (IIW), di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta, 31 Oktober – 2 November 2018. Pameran ini merupakan pameran berskala international yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) Provinsi Jawa Barat, Dadang Mohamad mengatakan kepada Humas Jabar, Proyek-proyek infrastruktur besar yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diantaranya: Peluang bisnis di Bandara International Jawa Barat (BJIB) dan Aerocity BIJB di Kabupaten Majalengka; Proyek Bandung Metropolitan Urban Railways di Wilayah Bandung Raya. “Proyek Aksesbilitas ke BIJB berupa pembangunan Railways dan Toll Road; kemudian Proyek Pengelolaan Sampah Regional Legok Nangka di Kabupaten Bandung, Pembangunan Minihydro Power Plant di Pasir Jambu dan Kertamukti,” katanya dari lokasi pameran, Rabu (31/10/18).
Menurut Dadang, pada pameran yang dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo ini, diinformasikan juga proyek-proyek infrastruktur lainnya yang menjadi target Gubernur baru Jawa Barat 2018-2023, Ridwan Kamil. Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, dalam program Jabar Juara menargetkan peningkatan interkoneksi antar wilayah di Jawa Barat dari utara ke selatan, dari barat ke timur dan dari desa ke kota serta meningkatkan akses ke lokasi wisata di Jawa Barat.
“Proyek-proyek tersebut diantaranya reaktivasi railway, pembangunan Bandara, pembangunan pelabuhan, pembangunan waduk, pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum, pembangunan jalan toll dan peningkatan jalan non tol,” paparnya.
Dadang mengungkap, proyek-proyek tersebut tidak bisa sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk itu maka membangun kolaborasi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten-Kota dan meningkatkan partisipasi BUMN-BUMD-Swasta dalam pembangunan Infrastruktur di Jawa Barat adalah suatu keniscayaan. “Kolaborasi plus inovasi adalah kunci pencapaian program Jabar Juara,” katanya.
Untuk mewujudkan itu, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Jawa Barat  berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat dan BUMD: PT. BIJB, PT. Tirta Gemah Ripah serta dukungan dari Biro Humas dan Protokol, mengundang para investor untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur Jawa Barat dalam event Pameran Indonesia Infrastructure Week (IIW).
Lebih lanjut, menurutnya, Investor, pelaku usaha dan masyarakat juga dapat mendapatkan informasi lebih banyak mengenai peluang investasi dan peluang kerjasama di Jawa Barat dengan mengunjungi web: http://investasi.jabarprov.go.id. (rls/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*