Home » Cirebon » Karya Bakti & Donor Darah Di Dompyong Wetan Sukses

Karya Bakti & Donor Darah Di Dompyong Wetan Sukses

CIREBON – Rabu (21/11/2018) di Alun-alun Desa Dompyong Wetan tampak lebih ramai dari biasanya, bahkan lengkap dengan tentara berseragam loreng. Ya pagi tadi di sana memang sedang diadakan acara Karya bakti dalam rangka Hari Juang Kartika 2018 Kodim 0620/Kabupaten Cirebon. Acara pun terpantau berjalan lancar dan sukses hingga usai.

BERFOSE – Sejumlah para pihak terkait dalam even karya bhakti berfoto bersama di depan Balai Desa Dompyong Wetan.

Karya Bakti tersebut diawali apel┬ápengecekan yang dipimpin oleh Koordinator Karya Bhakti wilayah Timur sekaligus Danramil Waled Kapten Inf Effendi. Dalam sambutannya, Ia memaparkan sejarah Hari Juang Kartika. “Hari Juang Kartika adalah hari jadi TNI-AD pada tanggal 15 Desember 1945. Sejarahnya adalah terjadinya pertempuran Ambarawa pada tanggal 12 sampai dengan 15 Desember 1945, setelah perang merebut kemerdekaan,” katanya.

Tak lupa Ia pun memberikan motivasi kepada para peserta apel yang terdiri dari perangkat desa, guru-guru dan peserta lainnya untuk menjaga kebersihan lingkungan. “TNI dan rakyat harus selalu bersatu seperti sejarah TNI dalam pertempuran Ambarawa yang dapat mengalahkan pasukan musuh,” ulasnya.

Sedangkan Kuwu Dompyong Wetan Didi Sutadi menegaskan bahwa masyarakat harus bisa melestarikan tradisi gotong royong. “Budaya gotong royong di masyarakat kita sudah mulai pudar. Diharapkan dengan Karya Bhakti ini budaya tersebut bisa kembali ditumbuhkan dan dilestarikan,” ujarnya.

ATUR PASUKAN – Koordinator Karya Bhakti wilayah Timur saat mengatur pasukan dalam giat Karya Bakti.

Sementara itu, dalam wawancara khusus JP dengan Danramil Waled mengatakan, bahwa kegiatan Karya Bhakti ini diikuti oleh 28 personel dari 7 Koramil. Sementara ditanya kegiatan antisipasi banjir pihaknya sudah melaksanakan beberapa kegiatan khusus. “Untuk antisipasi banjir kita adakan pada momen lainnya sesuai arahan Pak Dandim. Dan ada beberapa kegiatan yang sudah kami awali. Babinsa kami sudah bersih-bersih parit di daerah Pasaleman dan Waled. Untuk tanggul yang awal tahun ini jebol (di wilayah perbatasan Ciledug – Waled) juga sudah diperbaiki,” terangnya.

Acara bersih-bersih berlangsung hingga siang hari dengan pembagian beberapa kelompok. Ada yang membersihkan lingkungan masjid, sekolah, saluran air, lapangan hingga lingkungan kantor desa. Tak sampai disitu, kegiatan lainnya yakni donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kab Cirebon.

Acara ditutup dengan hiburan dari personel SP Band, DeRama, dan player organ dangdut dari WS Pro Group, Jamali. Bahkan sejumlah perangkat desa, personel koramil, juga Kuwu Dompyong Wetan ikut unjuk suara sehingga menambah acara jadi semakin meriah.

Sementara itu, pada kegiatan donor darah di Desa Dompyong Wetan berhasil mengumpulkan 21 kantong darah. “Alhamdulillah terkumpul 21 kantong. Pendonor berasal dari masyarakat, Danramil Waled dan anggota koramil, Kapolsek Gebang, Anggota Provost Polsek Gebang, BPD, Guru-guru, Karang Taruna dan sejumlah perangkat Desa,” ujar Sekdes Dompyong Wetan, Agus Suryana. (jay/adi)

DONOR – Kapolsek Gebang dan sejumlah pendonor saat mendonorkan darahnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.