Home » Cirebon » Dianggap Berhasil, Tahun ini DKP Kembali Diberikan Bantuan Ayam

Dianggap Berhasil, Tahun ini DKP Kembali Diberikan Bantuan Ayam

CIREBON – Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia kembali menyalurkan bantuan untuk rumah tangga miskin (RTM) berupa ayam untuk Kabupaten Cirebon. Pada tahun ini (2019,red) RTM yang diberikan bantuan ayam meningkat dibandingkan tahun lalu, yaitu 6.736, sementara tahun lalu jumlah bantuan yaitu untuk 4.788 RTM.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Cirebon, Muhidin mengatakan, tahun 2019 bantuan berupa ayam dari Kementan meningkat, yaitu dari 4.788 RTM menjadi 6.736 RTM. Jumlah tersebut tersebar di empat kecamatan wilayah barat Kabupaten Cirebon, diantaranya Kecamatan Ciwaringin, Arjawinangun, Susukan, dan Gegesik.

“Nantinya tiap RTM akan diberikan 50 ekor ayam, kemudian diberi uang Rp.500ribu untuk pembuatan kandang ayam dan pakan 2 kwintal serta obat-obatan,” jelas Muhidin kepada wartawan, Selasa (29/1/2019).

Total bantuan yang di gelontorkan untuk Kabupaten Cirebon besarnya kurang lebih sekitar Rp. 3 miliar lebih. “Bantuan ayam dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Cirebon. Sementara hasil dari ayam itu kan telur. Dan telur itu bisa di jual. Karena kebutuhan telur ayam kampung di Kabupaten Cirebon itu masih didrop dari luar daerah, ada dari Kuningan, Lumajang dan Blitar.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengetahuan Teknologi Pertanian pada kementerian Pertanian, Haris Syahbuddin mengatakan, bantuan ayam untuk Kabupaten Cirebon sengaja ia tambah dikarenakan Kabupaten Cirebon ini telah berhasil dan layak diberikan bantuan kembali.

“Hasil cukup bagus, banyak warga terbantu dengan adanya program ini. Kalaupun ayamnya sebagian ada yang mati, jumlahnya masih wajar. Pemerintah kasih program dan program itu akan berjalan lancar jika terus berkelanjutan, penerima bantuan sanggup untuk mengembangkannya,” katanya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.