Home » Bisnis » Konsumen Kecewa, Tahun 2019 Yamaha XMAX Warna Abu-abu Stop Produksi

Konsumen Kecewa, Tahun 2019 Yamaha XMAX Warna Abu-abu Stop Produksi

SEJUMLAH konsumen Motor Yamaha XMAX 250 cc mengaku kecewa dengan tidak diproduksinya varian XMAX Masculine Grey (abu-abu) pada tahun 2019 ini. Terlebih pihak Yamaha tidak memberi pemberitahuan bahwa warna yang menjadi favorit konsumen tersebut stop produksi.

XMAX ABU ABU – Inilah XMAX Abu abu yang paling dicari namun menghilang di pasaran tahun ini.

“Ya, saya nyari-nyari Yamaha XMAX lewat link saya di dealer-dealer Yamaha Cirebon dan Bandung maupun kerabat yang bekerja di Pabrik Yamaha di Karawang. Mereka bilang warna abu-abu sudah tidak diproduksi lagi tahun ini. Saya telepon ke Yamaha Pusat juga sama, warna abu abu sudah tidak produksi lagi. Kalau ditanya perasaan saya bagaimana, jelas saya kecewa yah,” ujar Hasan Z, calon pembeli XMAX warna abu abu, Senin (20/5/2019).

Ia juga menjelaskan, berdasarkan hasil penelusurannya, Yamaha juga tidak memberitahukan adanya pemberhentian produksi. Mereka hanya mempublish tahun 2019, ada penambahan 4 varian warna baru. “Ya saya fikir tadinya Yamaha menambah warna saja, tanpa menyetop produksi warna lama, apa lagi warna ini yang paling diburu pembeli. Saya cuma penasaran, kenapa stop produksinya? Cobalah, ke depan Yamaha lebih peka terhadap selera pasar,” harapnya.

Senada dengan penuturan Masdon, calon pembeli XMAX asal Bandung. Dia justru menyampaikan statment dengan lebih tegas. “Pokoknya saya gak mau tahu, yang saya pengen hanya warna itu. Masa sih perusahaan sebesar Yamaha tidak bisa memenuhi selera pasar yang lagi booming,” kritiknya.

Beda halnya dengan Dani Ahmad Ramdhan alias DAR, Ia justru mengomentari barang yang dicarinya sejak lama itu dengan berdoa. “Ya berdoa saja, mudah-mudahan motor abu abu yang sudah lama saya incar itu kembali diproduksi Yamaha tahun ini. Misal dengan melaunching feature limited edition,” tutur fotografer yang juga owner Rimagine ini kepada JP.

Sementara itu, saat dikonfirmasi via call center Yamaha di nomor 021 – 4618000, pihak call center membenarkan bahwa Yamaha memang memberhentikan produksi varian warna Masculline Grey sejak 2018. “Mohon maaf, untuk warna Masculline Grey atau abu-abu sudah tidak produksi lagi di tahun 2019, kami ganti dengan 4 warna yaitu warna silver (Mate Silver), merah (Matte Red), biru (Matte Blue) dan hitam (Matte Black). Cuma 4 warna itu yang tersedia saat ini,” ujar Call Center sambil menawarkan pemesanan motor juga bisa dilakukan via online.

WARNA BARU – Inilah empat warna motor Yamaha XMAX 250 cc yang tersedia tahun ini.

Senada dengan penuturan A, salah seorang karyawan YMIM. Ia menegaskan bahwa hanya empat varian warna itu saja yang tersedia di tahun 2019. “Untuk 2019 pilihan warnanya seperti di atas,” jawabnya singkat sambil mengirimkan foto 4 warna terbaru XMAX 2019.

XMAX Masculline Grey yang Terlaris

Diberitakan oleh sejumlah media online sebelumnya, memasuki tahun 2018, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali membuka inden untuk big skutiknya, Yamaha XMAX. Tenang, pemesanan mulai Januari 2018 ini dipastikan Yamaha XMAX-nya adalah tahun produksi 2018.

Uniknya, dari empat pilihan warna yang ditawarkan yaitu Masculine Grey (abu-abu), Elegant White (putih), Ultimate Bronze (coklat) dan Racing Yellow (kuning), yang paling banyak diburu justru yang paling kalem.

Yup, warna abu-abu paling laris dibeli konsumen di Indonesia, tapi anehnya posisi kedua justru diisi oleh XMAX dengan warna paling ‘ngejreng’. Warna kuning menjadi favorit kedua. Diakui Yamaha, tren ini terdeteksi sejak empat bulan terakhir di tahun lalu

Eddy Ang, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebutkan jika permintaan pasar untuk XMAX warna kuning terus naik. ā€¯Warna kuning kami siapkan untuk pasar Indonesia saja. Memang bukan warna yang familiar di sini untuk produk sepeda motor, sehingga wajar di awal kemunculannya belum banyak yang beli,” bebernya.

4 Warna Baru Yamaha XMAX, Lariskah?

Informasi lainnya yakni, Yamaha Indonesia menghadirkan warna baru untuk XMAX 250. Skutik premium tersebut kini punya pilihan kelir Matte Red, Matte Black, Matte Silver, dan Matte Blue.

Pilihan warna Matte itu diklaim Yamaha sedang naik daun dan menjadi tren di industri otomotif khususnya kelas premium, karena mencerminkan kesan elegan dan premium.

“Warna baru ini menjadikan tampilan lebih segar, semakin elegan dan modern,” ujar Hiroshi Setogawa, Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam siaran resmi.

Setogawa melanjutkan, bahwa inspirasi warna baru tersebut selaras dengan konsep TMAX di Eropa. Terutama Matte Blue yang merupakan hero bike skutik premium itu di Benua Biru.

Warna Matte Blue, Matte Black, Matte Silver dipasarkan di pasar global. Sedangkan Matte Red merupakan kelir khusus untuk negara ASEAN, yang menggantikan warna sebelumnya, yaitu Racing Yellow (kuning) dan Masculline Grey (abu abu) yang paling diburu di pasaran. (adi/jp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.