Home » Cirebon » Ponpes Al-Shohwah Gelar Khotmul Qur’an & Wisuda

Ponpes Al-Shohwah Gelar Khotmul Qur’an & Wisuda

CIREBON – Pondok Pesantren Al-Shohwah yang terletak di Desa Dompyong Kulon, Kec Gebang, Kab Cirebon, menggelar khataman Alqur’an atau Khotmul Qur’an dan wisuda para siswanya, Rabu (12/6/2019), di lapangan ponpes setempat. Acara berisi sejumlah rangkaian kegiatan yang digelar sedari pagi hingga malam hari.

TAUSIAH – Pengasuh Ponoes Al-Shohwah KH Mahdor Amin saat memberikan tausiah dalam acara khotmul quran.

Adapun sejumlah rangkaian acara utama selain khotmil Qur’an antara lain tahfidz juzamma, khotmul kutubus salafi, wisuda RA, TPQ, DTA, Kelulusan siswa siswi MTs dan MA tahun ajaran 2018/2019. Selain itu ada pula acara hiburan musik yakni penampilan SP Band yang beranggotakan Allan (vokal), Sipenk (guitar), Adi (bass), Aif (guitar) dan Jay Q (keyboard) yang berkolaborasi membawakan ‘shalawat modern’ dengan sejumlah santri di ponpes Al-Shohwah. Mereka tampak kompak memainkan sejumlah lagu seperti shalawat asghil, sholawat qulub, lagu tombo ati, dan lagu religi lainnya.

Dalam tausiahnya, Pengasuh Ponpes Al-Shohwah KH. Mahdor Amin menyampaikan bahwa mendidik anak adalah kewajiban orang tua. “Mendidik anak, mengajarkan membaca quran, dan menuntut ilmu, adalah kewajiban orang tua. Bukan guru bukan pondok pesantren. Untuk itu ketika orang tua menitipkan anaknya di pondok, maka gugurlah kewajiban orang tua tersebut. Jadi amatlah berat tugas sebagai seorang guru itu,” ucapnya didepan ratusan undangan, masyarakat, siswa siswi dan santri.

Tak lupa, Kyai lulusan Al-Azhar Mesir ini pun menitipkan pesan agar para siswa, santri selalu menghormati guru dan orang tua yang sudah menjadikan mereka tahu akan banyak hal termasuk bisa membaca Alquran.

Adapun rincian santri dan siswa yang mengikuti khotmil Quran dan wisuda yakni: khotmil quran 20 santri, kutubus Salafi 6 santri, khataman Juzamma 10 santri, Wisuda MTs dan MA ada sebanyak 26 orang. Adapun tausiah utama diberikan oleh KH. Matlani Hasan dari Jakarta yang membawakan materi tentang shalat dan adab kehidupan sehari-hari. (jay/adi)

CERAMAH – KH. Matlani Hasan saat memberikan ceramah sebagai acara pamungkas khotmul quran dan wisuda di Ponpes Alshohwah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*