Home » Bandung » 5 Jam KPK Geledah Ruang Kerja Sekda Jabar, Ini Hasilnya!

5 Jam KPK Geledah Ruang Kerja Sekda Jabar, Ini Hasilnya!

BANDUNG – Dua hari pasca penetapan ststus tersangka, petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruangan sekretaris daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa selama hampir enam jam. Hasilnya, mereka membawa dua koper dan satu dus diduga berisi dokumen saat keluar ruangan.

Penggeledahan sudah berlangsung sejak pukul 09.30 WIB. Terlihat sekira delapan petugas memasuki ruangan. Penggeledahan berlangsung tertutup. Dua petugas polisi melakukan penjagaan di pintu masuk ruangan Sekda Jabar.

Mereka keluar lengkap dengan masker penutup wajah pada pukul 14.55 WIB. Terlihat dua koper dan satu dus mereka bawa dari dalam ruangan Sekda.

Dari ruang penggeledahan, para petugas dari KPK langsung bergegas keluar menuju dua mobil yang sudah terparkir di luar Gedung Sate. Tidak ada sepatah katapun yang mereka ucapkan hingga mobil meninggalkan wartawan.

Salah seorang petugas keamanan dalam (Kamdal) Gedung Sate, Yanto Rukmana mengatakan jumlah petugas KPK yang menggeledah ruangan sekda berjumlah delapan orang.

“Enam laki-laki, sisanya perempuan. Pas datang pakai batik, tadi di dalam pakai rompi KPK,” kata Yanto saat ditemui usai penggeledahan, Rabu (31/7).

Meski demikian, ia tidak mengetahui rincian dokumen yang dibawa oleh petugas lembaga antirasuah tersebut. Sebab, penggeledahan dilakukan secara tertutup dan ia hanya bisa memperhatikan sedikit aktivitas dan tidak lama berada di dalam ruangan.

“Saya enggak tahu jelas. Tapi ada beberapa (dokumen) yang dibawa. Yang saya lihat ada dua koper, satu dus,” ucapnya.

“Tadi pas dateng itu mereka bilang dari KPK mau menggeledah ruangan. Surat penggeledahan dan kartu identitasnya juga ada,” lanjutnya.

Asisten Daerah III, Dudi Sudrajat menyatakan ada tiga ruangan yang digeledah. Di antaranya ruangan ruangan staf, ruangan sekpri dan ruangan sekda. Ketiga ruangan tersebut terletak berada dalam satu tempat di lantai dua Gedung Sate.

“(Penggeledahan) masih berlangsung. Mereka (petugas KPK) masih memilah dokumen,” katanya singkat saat dihubungi.

Iwa Karniwa diketahui tengah cuti tiga bulan untuk fokus terhadap kasus hukumnya setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap proyek Meikarta. Posisinya untuk sementara diisi oleh Asda I Daud Achmad. (rls/mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.