Home » Cirebon » “Scout Rally” HUT Ke-58, Momentum Bangkitnya Pramuka Di Kwarran Gebang

“Scout Rally” HUT Ke-58, Momentum Bangkitnya Pramuka Di Kwarran Gebang

CIREBON – Memperingati Hari Jadi Pramuka ke 58 tahun, dengan mengusung tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, menjadi momentum Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, untuk bangkit kembali dari mati surinya selama kurang lebih dua tahun terakhir ini.

FOTO BERSAMA – Jajaran Kwarran Kec Gebang saat berfoto bersama di lokasi Scout Rally.

Bangkitnya Pramuka di Kwarran Gebang dibuktikan dengan perhelatan “Scouts Rally” di lapangan bola, Desa Kalipasung, Kec. Gebang, Kabupaten Cirebon, yang diikuti oleh siswa SMP Negeri 1 Gebang serta Siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar tingkat Penggalang di seluruh Kecamatan Gebang.

Agenda inti Scouts Rally tersebut berupa kegiatan perkemahan selama dua hari sejak Senin (12/8/2019) hingga Selasa (13/8/2019).

Dari pantauan Jabar Publisher langsung di lokasi, Senin ( 12/8/2019) malam, kegiatan tersebut berjalan lancar. Terlihat para anggota pramuka tingkat penggalang sangat antusias dan semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang disuguhkan oleh para pembina dan panitia Kwarran Gebang.

Sulaeman, Ketua Pelaksana Kegiatan, mengatakan, Scouts Rally itu sejenis perlombaan yang juaranya akan disaring ke jenjang berikutnya. “Hasil dari perkemahan ini akan mewakili kwarran Gebang ke Kwarcab Kab Cirebon bulan September mendatang. Nanti dipilih satu regu putra dan satu regu putri yang terbaik,” ujarnya.

Adapun sistem penilaian yang sudah diplot oleh Kwarcab diantaranya, baris berbaris, teknik menjernihkan air, ketajaman indra melihat, teknik menyalakan api tanpa korek api, menyanyikan lagu wajib pramuka, dan menanksir ketingian pohon dan lebar sungai tanpa menggunakan alat pengukur.

“Harapan saya, semoga kegiatan ini membangkitkan lagi ruh pramuka yang ada di Kwarran Gebang. Karena yang terjadi saat ini, meski sudah masuk kurikulum wajib, tapi kegiatannya sudah hampir tidak ada, entah tidak adanya pembina di gugus depan pangkalan Sekolah Dasar atau karena apa saya kurang tahu. Tapi Insya Allah, melalui kegiatan ini dengan melibatkan semua unsur pembina, Pramuka akan menggeliat lagi,” harap pria yang akrab disapa Kak Leman ini.

Sementara itu, A. Saekhu selaku Ketua Kwarran Gebang menambahkan, bahwa ada sejumlah langkah strategis yang diambil oleh Kwarran untuk menghidupkan kembali dunia kepramukaan.

“Upayanya kita sudah menggelar Karang Pamitran yang dihadiri para Pembina juga Pembina dari Kwarcab untuk sharing pengalaman, tukar pikiran, dan sebagainya. Upaya lainnya yakni kita coba meminta bantuan ke Pemdes Gebang Mekar untuk memfungsikan SD yang kemarin dimarger menjadi sanggar pramuka,” ulasnya.

Ia juga berharap besar bahwa dengan sinergi semua pihak, Pramuka di Kwarran Gebang bisa bergairah lagi. “Aktifkan lagi gugus depan pangkalan dan mantapkan lagi azas Pramuka yakni sukarela. Insya Allah saya optimis Pramuka bisa bangkit lagi guna mengantisipasi bahaya narkoba dan pergaulan bebas yang kini semakin marak,” pungkas Saekhu. (adi/jay)

SEMANGAT – Kak Zukhie bersama peserta Scout Rally tampak semangat mengikuti kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.