Home » Cirebon » Desa Gagasari Fokus Bangun Infrastruktur dari DD Tahap II 2019

Desa Gagasari Fokus Bangun Infrastruktur dari DD Tahap II 2019

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Gagasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, kembali menyempurnakan infrastruktur di desanya lewat program Dana Desa (DD) Tahap II tahun 2019.

Kuwu Gagasari – Syarif Abdullah

Untuk diketahui, dana desa merupakan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk stimulan berkesinambungan ke desa-desa Se Indonesia yang digelontorkan tiap tahun, yang peruntukannya 80 persen untuk bidang infrastruktur 20 persen untuk Pemberdayaan Masayarakat.

Kuwu Gagasari, Syarif Abdullah, Rabu (28/8/2019) menjelaskan rincian program di desanya yang anggarannya diperoleh dari DD tahap II tahun ini kepada wartawan JP.

“DD tahap dua di bidang infrastruktur, saya gunakan untuk pembangunan rabat beton di 3 dusun, SPAL di 3 dusun, dan jalan usaha tani, kemudian untuk pemberdayaannya kita gunakan untuk, kelompok tani sedekah bumi, stimulan buat nelayan, posyandu, honorarium imam masjid, mushola guru ngaji,” ungkap Kuwu Gagasari.

Ditanya soal komposisi anggaran, apakah pada DD tahun mendatang bisa dimaksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat, Ia menjawabnya diplomatis. “Tentu pada saatnya nanti komposisi anggaran untuk pemberdayaan masyarakat bisa lebih besar dibandingkan infrastruktur. Dengan catatan, kondisi pembangunan infrastrukturnya sudah memadai. Kalau untuk saat ini kita masih banyak untuk PR pembangunan fisik yakni memantapkan infrastuktur desa terlebih dahulu,” tandasnya.

Kuwu Syarif, begitu dia akrab disapa berharap, semoga kegiatan dari DD Tahap II ini bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk masyarakatnya.

“Tentu harapan saya, semoga kegiatan DD tahun ini baik di bidang infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat yang kita berikan bisa bermanfaat. Karena kami juga ingin memberikan pelayanan yang terbaik, untuk kemajuan Desa Gagasari ini,” pungkasnya. (adi)

KANTOR KUWU – Di kantor inilah, Kuwu Gagasari bersama jajaran perangkat desa, memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.