Home » Cirebon » Kuwu Babakan Losari Fokus Bangun Infrastruktur Desa & Desak Normalisasi

Kuwu Babakan Losari Fokus Bangun Infrastruktur Desa & Desak Normalisasi

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Babakan Losari, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, mempergunakan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2019 untuk bidang infrastruktur.

Untuk diketahui, sumber anggaran DD tersebut dari Pemerintah Pusat yang peruntukan 80 persen untuk infrastruktur dan 20 persen untuk Pemberdayaan Masayarakat.

Kuwu Babakan Losari Tarsono, kepada Jabar Publisher merinci penggunaan DD tahap dua ini untuk sejumlah kegiatan.

“DD tahap dua saya gunankan untuk infrastruktur antara lain pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Pahing, Dusun Kimendung dan di Jalan Usaha Tani. Selanjutnya, Rabat Beton di Dusun Pon sepanjang 250 meter dengan lebar 2,5 meter,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Babakan Losari ini berencana akan menggunakan DD tahap III untuk pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur lainnya yang belum tersentuh.

Dalam sesi wawancara yang sama, Tarsono juga agar pemerintah segera merealisasikan program normalisasi saluran air. “Kepada dinas terkait, mohon agar rencana mengenai normalisasi saluran air sekunder yang menuju Losari, khususnya di Desa¬†Babakan Losari untuk segera direalisasikan,” harapnya.

PERLU NORMALISASI – Saluran air sekunder ini perlu dinormalisasi karena pendangkalannya sudah cukup parah.

Karena lanjutnya, program tersebut sudah diajukan sejak 2 tahun lalu. “Saya sudah mengajukan sejak tahun 2017 lalu, karena ini aspirasi masyarakat. Mengapa perlu normalisasi, karena ketika musim hujan, air meluap ke permukiman warga akibat saluran airnya dangkal. Adapun aliran airnya ke¬†arah Losari dan masuk ke Sungai Cisanggarunung,” pungkas kuwu Babakan Losari. (crd/eko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.