Home » Cirebon » Kuwu Sumber Kidul Bangun Sektor Fisik & Masyarakat dari DD Tahap II 2019

Kuwu Sumber Kidul Bangun Sektor Fisik & Masyarakat dari DD Tahap II 2019

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumbel Kidul, Kecamatan Babakan, Kabupate Cirebon, kembali menyempurnakan infrastruktur di desanya lewat Dana Desa (DD) tahap II tahun 2019.

TRANSPARANSI – Papan proyek pun dipasang Pemdes Sumber Kidul sebagai bentuk transparansi penggunaan DD tahap II 2019.

Dana desa merupakan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk stimulan berkesinambungan ke desa-desa Se Indonesia yang digelontorkan tiap tahun, yang peruntukan nya 80 persen untuk bidang infrastruktur 20 persen untuk Pemberdayaan Masayarakat. Komposisi tersebut berlaku untuk desa yang masih membutuhkan banyak pembangunan infrastruktur. Sedangkan untuk desa maju, komposisi untuk pemberdayaan masyarakat bisa lebih besar.

Kuwu Sumber Kidul, Cakiya, kepada Jabar Publisher, Selasa (3/9/2019) menjelaskan rincian program di desanya dari DD tahap dua tahun ini. “DD tahap II 2019 saya gunankan untuk infrastruktur pembanguan Paving Blok di Dusun 1, Dusun 2,  Dususn 3, dan Dusun5. Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun 3. Hotmix Jalan di Dusun 5, Pembanguan jembatan di Dusun 5 dan Rumah Pompa di Blok Pakuwon,” jelas Cakiya.

Orang nomor satu di Desa Sumber Kidul ini menambahkan, adapun untuk bidang Pemberdayaan masyarakat, pihaknya mengalokasikan untuk pembayaran honorer.

“Ya, di bidang pemberdayaan masyarakat kami alokasikan untuk memberi honor kepada Guru PAUD, TK Madrasah dan membantu sarana pendidikan madrasah berupa meja kursi,” tambahnya.

Cakiya menegaskan jika DD tahap III nanti cair, Ia akan menggunakannya untuk bidang pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang belum tersentuh dana desa. “Ada beberapa pembangunan di sektor fisik yang perlu dibangun dan dibenahi. Insya Allah akan kami akomodir melalui DD tahap III. Karena saya ingin Sumber Kidul menjadi desa yang maju dengan adanya pembangunan yang merata di semua dusun,” pungkasnya. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.