Home » Cirebon » 800 Bidan Se-Kabupaten Cirebon Meriahkan HUT IBI Ke-68

800 Bidan Se-Kabupaten Cirebon Meriahkan HUT IBI Ke-68

CIREBON – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Cirebon menggelar peringatan HUT ke-68, Minggu (6/10/2019) pagi. Acara HUT IBI tahun ini dipusatkan di Lapangan Sutakriya, Desa Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, dengan menggelar karnaval dan aneka lomba yang diikuti oleh sekitar 800 bidan dari total 1.524 anggota IBI.

Pelaksanaan HUT IBI berlangsung meriah.

Acara dimulai dengan karnaval jalan sehat dengan menempuh rute dari Kantor Desa Pabuaran Lor menuju Lapangan Sutakriya. Tiba di lokasi, para peserta langsung melakukan senam massal dengan dipandu instruktur. Usai kegiatan itu, barulah aneka lomba digelar.

Lomba pertama yakni Lomba Germas dengan soundtrack lagu Meraih Bintang ciptaan Pay BIP yang dilantunkan Via Vallen. Lomba ini diikuti oleh 9 ranting yang ada di Kabupaten Cirebon. Acara dilanjutkan lomba karaoke yang juga diikuti oleh perwakilan dari 9 ranting. Untuk diketahui, dalam satu ranting terdiri dari beberapa puskesmas.

Terpantau oleh kamera JP, suasana paling heboh nampak saat IBI Ranting Babakan yang dikomandoi Bidan Nina Lindiawati tampil. Mereka tampak keren dan kompak dalam semua kategori lomba. Bahkan, IBI Ranting Babakan juga punya yel-yel khusus berupa pantun yakni “Jalan-jalan ke kota batik, jangan lupa beli gula aren. Acara IBI bareng Bu Atik, selalu heboh dan pasti keren”. Adapun Ketua IBI Ranting Babakan sendiri yakni Bidan Cicih yang kini tengah terbaring sakit.

IBI Ranting Babakan Tampil Paling Heboh diantara peserta lainnya.

Sementara itu, saat diwawancarai JP disela-sela acara, Ketua IBI Cabang Kabupaten Cirebon, Hj. Sutiati Barja mengatakan, bahwa pada HUT IBI ke-68 mengangkat tema khusus untuk peningkatan kinerja para bidan se-Kabupaten Cirebon dalam melayani masyarakat. “Targetnya adalah penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) bisa terwujud,” ujar Ketua IBI yang akrab disapa Bu Atik ini. Adapun pengumuman pemenang lomba akan dilakukan di Universitas Muhamadiyah Cirebon (UMC) tanggal 12 Oktober mendatang.

Sedangkan Camat Pabuaran Moch Cholikussurur menyambut baik adanya agenda HUT IBI, dimana Kecamatan Pabuaran menjadi tuan rumah tahun ini. “Kami menyambut baik acara HUT IBI ke 68 ini. Harapannya, semoga apa yang ditargetkan IBI Cabang Kabupaten Cirebon, yakni turunnya AKB dan AKI bisa terealisasi,” tandas Camat Pabuaran yang juga turut menyumbangkan suara emasnya usai lomba karaoke.

Untuk diketahui, acara ini didukung oleh ‘Sang Maestro’ Sound System dari Desa Pakusamben, Kecamatan Babakan. Dengan output suara yang memuaskan, pelaksanaan lomba berjalan sukses hingga akhir. (adi/jay/lan)

Camat Pabuaran Moch Cholikussurur saat bernyanyi dalam acara HUT IBI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.