Home » Headline » DPRD Jabar Usulkan Enam Calon DOB, Termasuk Cirebon Timur & Cikampek

DPRD Jabar Usulkan Enam Calon DOB, Termasuk Cirebon Timur & Cikampek

BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat akan mengusulkan 6 calon daerah otonom baru (CDOB) di Jawa Barat. Hal itu disampaikan anggota DPRD Jawa Barat Abdul Hadi saat ditemui di Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa, 8 Oktober 2019.

Abdul Hadi menjelaskan, dengan adanya DOB ini bertujuan agar pelayanan publik lebih dekat dengan masyarakat. Selain itu, dengan hadirnya DOB ini diharapkan pemerintah baru ini mampu lebih fokus mengelola warganya dalam upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Tahun ini, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sesuai dengan RPJMD Jawa Barat yang direvisi akan mengusulkan 6 calon DOB di Jawa Barat. Namun, saat ditanya lebih rinci daerah mana saja yang akan diusulkan menjadi calon DOB, Abdul Hadi belum menjelaskannya.

Pada saat audiensi dengan Forkoda PP DOB itu, hampir semua anggota fraksi yang turut hadir memberikan tanggapan positif. “Tahun ini kami akan mengusulkan enam calon DOB di Jawa Barat. Bisa daerah mana saja yang paling siap (calon DOB) akan kami usulkan. Intinya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung adanya pemekaran wilayah untuk lebih mendekatkan aksesibilitas layanan publik,” ujarnya seperti dilansir PR.com

Dikatakan Abdul Hadi, pada saat audiensi 16 presidium calon DOB itu di antaranya berasal dari presidium CDOB Kabupaten Bogor Barat (Kabupaten Bogor), Bogor Timur (Kab. Bogor), Bogor Selatan (Kab. Bogor), Sukabumi Utara (Kab. Sukabumi), Pajampangan (Kab. Sukabumi), Cianjur Selatan (Kab. Cianjur), Bandung Timur (Kab. Bandung), Bekasi Utara (Kab. Bekasi), Indramayu Barat (Kab. Indramayu), Cirebon Timur (Kab. Cirebon), Garut Selatan (Kab. Garut), Limbangan Garut Utara (Kab. Garut), dan Kabupaten Tasikmalaya Selatan (Kab. Tasikmalaya). Sedangkan untuk calon DOB wilayah kota yakni Kota Cipanas (Kab. Cianjur), Kota Cikampek (Kab. Karawang), dan Kota Lembang (Kab. Bandung Barat).

Untuk diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk 48 juta lebih, idealnya membutuhkan 15 calon daerah otonom baru (DOB). Saat ini, anggaran pemerintah yang dikucurkan untuk masyarakat Jawa Barat hanya mampu dinikmati sekitar Rp 600 ribu/orang. Sedangkan di provinsi tetangga Jawa Barat, setiap warganya sudah bisa menikmati Rp 1 juta/orang dari anggaran yang dikucurkan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kotanya.

Menanggapi dinamika tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat atas usulan masyarakat calon DOB di Jawa Barat, sangat mendukung adanya pemekaran wilayah di Jawa Barat. Bahkan, DPRD Jawa Barat akan mengusulkan agar moratorium DOB segera dicabut pemerintah. (red/pr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.