Home » Cirebon » Pasca Hyundai, KPK Garap Bos PT Kings Property

Pasca Hyundai, KPK Garap Bos PT Kings Property

CIREBON – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Direktur Utama PT Kings Property, Sutikno. Pemanggilan Sutikno tak lain untuk menelusuri aset-aset mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra yang diduga hasil dari tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Sutikno diperiksa dengan kapasitas sebagai saksi untuk tersangka eks Bupati Cirebon, Sunjaya.

“Sutikno akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUN (Sunjaya) terkait kasus TPPU,” kata Juru bicara KPK, Febri Diansyah, Rabu (9/10).

Untuk diketahui, PT. Kings Property saat katanya ini tengah dalam tahap awal pembangunan yakni masa pembebasan lahan di Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. Namun progresnya sempat terhenti karena OTT Bupati Cirebon saat itu. Bahkan Dinas Kelautan dan Perikanan pun ogah teken izin karena KPK saat ini masih melakukan pengembangan. Hingga kini berujung pada pemeriksaan Bos PT tersebut.

Sementata itu, KPK juga sebelumnya telah memeriksa General Manager (GM) Hyundai Engineering, Herry Jung yang juga pernah dicegah ke luar negeri selama enam bulan bersama-sama dengan Camat Beber, Cirebon, Rita Susana.

Sunjaya saat ini sudah berstatus tersangka dugaan TPPU lantaran menyamarkan atau mengalihkan uang hasil suap dan gratifikasi yang diterimanya selama menjadi Bupati Cirebon periode 2014-2019 yang jumlahnya mencapai Rp 51 miliar.

Diduga, salah satu penerimaan itu berasal dari pihak Hyundai Engineeering & Construction (HDEC) terkait perizinan PLTU 2 di Kabupaten Cirebon. KPK tengah menelisik dugaan suap dari orang di perusahaan asal Korea itu.

Atas ulahnya, Eks Bupati Sunjaya disangkakan melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 UU RI 8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.