Home » Cirebon » “Festival Budaya Ciledug” Tampilkan Beragam Acara Keren, Datang Yuk!

“Festival Budaya Ciledug” Tampilkan Beragam Acara Keren, Datang Yuk!

CIREBON – Empat hari lagi! Tepatnya Rabu (6/11/2019), Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, akan menggelar agenda akbar tahunan yakni Festival Budaya Ciledug dengan mengangkat tema “Dina Budaya Urang Napak, Tina Budaya Urang Ngapak”.

Pelaksanaan acara Festival Budaya Ciledug tersebut bertempat di alun-alun Ciledug atau depan Kantor Camat Ciledug. Rangkaian acara keren dan pasti seru akan ditampilkan sehari penuh mulai pukul 8:00 pagi sampai pukul 00:00 tengah malam. Acara ini juga mendapat support penuh dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon.

Adapun susunan acara, yaitu kegiatan dimulai dari ider-ideran, berkeliling sekitar wilayah Ciledug dengan diiringi marching band, hadroh, burok, kirab merah putih, dan pawai alegoris, yang diikuti oleh diikuti oleh 10 desa yang ada di Kecamatan Ciledug. Sebagai wujud partisipasi nyata, masing-masing desa juga diminta sumbangsih dengan memampilkan kreasi budaya desanya. Acara dipastikan bakal meriah banget, karena event ini diikuti pula oleh anak sekolah dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

Setelah iring-iringan, acara dilanjut dengan prosesi upacara adat, penampilan seni budaya seperti Bangbarongan, Tari Tradisional, Tari Topeng Cirebon, Tari Kreasi dan dihibur dengan Tambang Pantura.

Sementara itu, diwawancarai Jabar Publisher, setelah apel sore, Camat Ciledug, H. Solohin HS menjelaskan bahwa mulanya kegiatan festival budaya Ciledug ini akan dilaksanakan pada Sabtu (2/10/2019). “Tetapi karena betepatan dengan adanya festival budaya se-Jawa Barat, yang mana dari unsur pemerintahan termasuk Bupati juga akan hadir, jadi acaranya kita undur pada Rabu (6/10/2019). Terkait tujuan diadakannya acara festival budaya ini targetnya adalah untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal khas Ciledug,” ungkap Solihin. Ia juga mengajak masyarakat Ciledug khususnya dan masyarakat Kabupaten Cirebon pada umumnya untuk bisa memeriahkan acara ini. “Silahkan datang dan saksikan acara hiburan untuk masyarakat ini, gratis,” ajaknya.

Sebagai orang nomor satu di Kecamatan Ciledug, Solihin dalam apel sore juga tak lupa menyampaikan motivasi kepada semua staf dan pegawai kecamatan. “Ada banyak agenda bulan ini, yang terdekat adalah Festival Budaya. Saya minta agar semua dipersiapkan, semuanya bergerak, kompak, bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing. Mari kita sukseskan acara Festival Budaya Ciledug, karena ini ajang kreasi dari masyarakat dan untuk masyarakat Ciledug. Fokus pada tugas sehingga acaranya pun bisa berjalan dengan lancar,” harap Solihin. (adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.