Home » Bandung » Pertamina akan Bangun Pabrik Senilai Rp 100 Triliun di Indramayu
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bersama Dirut Pertamina,Nicke Widyawati. (foto: Humas Prov Jabar)

Pertamina akan Bangun Pabrik Senilai Rp 100 Triliun di Indramayu

BANDUNG – PT. Pertamina (Persero) akan membangun pabrik besar, senilai Rp 100 triliun di Indramayu. Rencana itu disampaikan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, saat menemui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Rabu (27/11/19).

“Kami memerlukan dukungan Pemda Provinsi Jabar dalam penentuan lokasi, untuk proyek tersebut. Proyeknya, ada kilang minyak, ada pabrik petrokimia beserta turunannya,” ujar Dirut PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Dikatakan dia, untuk pembangunan itu, nilainya sebesar Rp 100 triliun. Nantinya, proyek ini juga akan menyerap kurang lebih 30-35 ribu tenaga kerja dalam dua tahap.

“Jadi kebutuhan tenaga kerja untuk tahap kontruksi dan tahap operasi. Kontruksi diawal tahun 2020 dan operasi tahun 2026,” katanya.

Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, tugas Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dalam investasi tersebut adalah mengamankan tata ruang dan menunjuk lokasi.

“Pertamina dengan profesionalismenya berhasil mendapatkan investasi dari perusahaan Taiwan dan Abu Dhabi untuk investasi di Indramayu. Investasi ini, selama 4-5 tahun kontruksi, akan mempekerjakan 30-35 ribu warga lokal mayoritas, untuk bekerja di sana,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dikarenakan lahan yang digunakan lebih dari 200 hektare, kata dia, pihaknya akan mendorong untuk jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Proyeknya ada kilang minyak, ada pabrik petrokimia beserta turunannya, yang ujung- ujungnya jadi benda-benda industri, seperti plastik dan benda-benda lainnya,” ucapnya.

Emil menyebut proyek yang akan dimulai pada awal 2020 tersebut merupakan contoh sinergisitas Pemda Provinsi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terlebih, Presiden Joko Widodo sudah memberi arahan kepada kepala daerah untuk mempermudah dan mempercepat investasi. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.