Home » Cirebon » Ratusan Warga Meriahkan Milad Desa Pabedilan Kaler ke-36

Ratusan Warga Meriahkan Milad Desa Pabedilan Kaler ke-36

CIREBON – Pemerintah Desa (Pemdes) Pabedilan Kaler, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Kamis (28/11/2019) menggelar milad ke 36 tahun dan sedekah bumi, dengan mengangkat tema “Pabedilan Kaler Bersatu”. Acara berlangsung sukses mendapat respon positif dari ratusan warga yang tumpah ruah di sana.

POTONG KUE – Suasana kemeriahan saat potong kue di atas panggung.

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Desa Pabedialan Kaler selama dua hari itu, dihadiri Camat Pabedilan bersama Muspika Pabedilan dan dimeriahkan warga setempat yang datang silih berganti. Dari pantauan Jabar Publisher langsung di lokasi, terlihat ratusan warga tampak senang dan terhibur dengan beberapa pertunjukan yang disuguhkan oleh panitia.

Pejabat Kuwu Desa Pabedilan Kaler, Sauri Pranata di awal wawancara menjelaskan susunan acara pada hari pertama yang dimulai pukul 8 pagi sampai pukul 2 siang diantaranya, Festival 20 rasa jagung manis yakni berupa stand yang menyajikan makanan dengan bahan baku jagung, pengobatan gratis untuk warga Pabedilan Kaler dari Klinik Warga Sehat, penampilan tari topeng Rehe Bayongbong, seni bangbarongan Si Kliwon, gerak tari asal usul Pabedilan, serta hiburan musik band juga dangdut.

“Pukul 3 sore sampai pukul 5 sore ada kegiatan santunan buat anak yatim dan doa bersama, terus dari pukul 8 malam sampai dengan selesai ada pertunjukan nada dan dakwah (pengajian umum), serta seni gembyung modern Al Furqon bersama Mubaligh Dr. KH. Ahmad FA, S.Ag M.Ag.

BAND – Masyarakat Pabedilan Kaler juga dihibur dengan musik band dan dangdut.

Sauri menjelaskan, selain memperingati hari jadi Desa Pabedilan Kaler yang ke 36 tahun dan sedekah bumi, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat dan mempersatukan kembali warga Desa Pabedilan Kaler pasca pilwu serentak 2019. Sebagaimana diketahui, biasanya perhelatan pilwu menjadikan masyarakat terkotak-kotak karena dukungan terhadap para calon kuwu.

“Disamping itu, kita juga bisa memperkenalkan potensi-potensi yang ada dan mengenang serta mendoakan para pejuang-pejuang terdahulu kita dalam membangun desa tercinta ini,” ujar Sauri.

Sebagai kuwu yang sifatnya hanya sementara menjabat, Ia berharap semoga kuwu definitif setelah dilantik nanti bisa meneruskan kegiatan perayaan milad desa setiap tahunnya.

“Ini milad yang ke 36 tahun, tapi baru dirayakan kegiatan seperti ini di tahun sekarang 2019, jadi perayaan miladnya baru pertama kali digelar. Bulan depan dipenghimpunan RAPBDes, kami akan masukan program ini, agar bisa dirayakan setiap tahunnya, agar silaturahim warga tetap terjaga, selalu kompak bersatu untuk membangun Desa Pabedilan Kaler ini,” tandas Sauri.

Sementara itu, Camat Pabedilan, Iman Santoso dalam sambutannya berharap semoga Pabedilan Kaler semakin maju. “Harapan saya semoga ke depan Desa Pabedilan Kaler semakin maju, masyarakatnya semakin sejahtera, dan semoga perayaan milad ini berjalan lancar sampai selesai. Silahkan nikmati karena 20 rasa jagung manis yang sudah disediakan panitia. Mengapa jagung, karena Pabedilan Kaler memiliki potensi agraria berupa jagung yang sangat melimpah,” ujar Camat.

SAWERAN – Camat Pabedilan saat menyawer Bangbarongan Si Kliwon.

Perlu diketahui, perayaan milad ke 36 dan sidekah bumi di hari kedua pada Jum’at (29/11/2019) juga tidak kalah meriah. Karena ada beberapa acara yang akan diselenggarakan, seperti senam massal, permainan tradisonal, arak-arakan hasil bumi, pengundian kupon, pentas seni hiburan dan sandiwara Gelora Buana dari Indramayu. (adi/jay)

WAWANCARA – Pemred Jabar Publisher mewawancarai langsung PJ Kuwu Pabedilan Kaler di sela-sela acara milad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.