Home » Cirebon » Inovasi Pelajaran Seni & Budaya, SMPN 1 Babakan Gelar “PAPERS 2019”

Inovasi Pelajaran Seni & Budaya, SMPN 1 Babakan Gelar “PAPERS 2019”

CIREBON – SMP Negeri 1 Babakan (Spensaba), Kab Cirebon, kembali membuat gebrakan di penghujung tahun 2019 dengan menggelar PAPERS (Pagelaran Perhelatan Seni), Sabtu (14/12/2019). Rangkaian acara itu dibagi dalam tiga sesi kegiatan itu berlangsung sukses, meriah dan inovatif.

Sejumlah acara yang digelar yakni pengumuman juara Festival Film Sekolah (FFS) sebagai salah satu kegiatan ujian praktek Kelas 9 dan pengumuman Spensaba Choice Awards (SCA) guna menentukan Putra/Putri Spensaba 2019.

Ketua Panitia Acara PAPERS 2019, Deden Jafar Sidiq mengatakan, pada sesi ‘pagelaran’ berisi pengumuman para juara terbaik dan terfavorit yakni produser, sutradara, pemeran utama, dan lainnya. “Ini kegiatan rutin tahunan di sekolah kami sebagai aplikasi dari pelajaran seni dan budaya. Alhamdulillah, semua siswa khususnya kelas IX sangat antusias dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan,” ungkap Mr. DJ, sapaan akrabnya.

Sedangkan pada sesi ‘seni’ lanjut dia, berisi penampilan kreatifitas siswa yakni grand opening sae, band, modern dance, mini konser, fashion show, pameran lukisan, dan closing act.

PEMANDU ACARA PAPERS 2019 BERKOSTUM BUSANA KHAS DAERAH

Pada sesi ini, SMPN 1 Babakan juga menghadirkan bintang tamu yakni “SP Band” untuk menghibur siswa siswi yang baru saja menggelar ujian sekolah. SP Band tampak apik membawakan tiga buah lagu yang sedang ngeHits antara lain Salah Apa, Pamer Bojo (Cendol Dawet) dan Bocah Ngapak. Pada sesi ini ratusan siswa turut bergoyang bareng di tengah lapangan namun tetap bisa menjaga ketertiban.

Kepala Sekolah SMPN 1 Babakan, M. Taufan Agus S., S.Pd. MM mengatakan, bahwa sekolah yang dipimpinnya itu secara rutin mengadakan acara pagelaran seni dan budaya setiap tahun pelajaran menjelang ujian nasional (UN). Hal ini mengingat peranan lembaga sekolah dinilai sangat strategis sebagai pewaris seni dan budaya karena siswa masih berusia muda. “Di pundak mereka tertumpang harapan untuk melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu kita. Inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni dan budaya di sekolah” katanya.

Ia menjelaskan, kendati serbuan budaya asing saat ini tengah marak, namun seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan lenyap. “Anak-anak bangsa akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerah yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia,” imbuhnya.

TROPHY DAN PELAKAT AWARDS DISIAPKAN PIHAK SEKOLAH UNTUK PARA JUARA

Tujuan pagelaran seni dan budaya antara lain menerapkan teori pada mata pelajaran seni dan budaya, penilaian dalam ujian praktik mata pelajaran Seni dan Budaya, menampilkan berbagai hasil karya seni dan budaya tradisional, dan meningkatkan apresiasi siswa terhadap hasil karya seni dan budaya daerah. Ia juga berharap, kegiatan serupa dapat dilakukan oleh semua sekolah sehingga kesenian dan kebudayaan daerah tetap lestari.

“Tak lupa kami ucapkan banyak terimakasih kepada Bpk H. Sutiyono M.Pd sebagai Pengawas SMP Kab Cirebon atas bimbingan dan arahanya,” tandas Kepsek Spensaba.

Sementara itu, Pengawas SMP Kab Cirebon, H. Sutiyono mengaku salut dengan kreatifitas SMPN 1 Babakan yang semakin keren dan inovatif. “Kegiatan pagelaran di SMP Negeri 1 Babakan dalam rangka uji kompetensi untuk kelas IX merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh semua siswa, karena sesuai dengan standar kompetensi lulusan mata pelajaran seni budaya SMP. Nah untuk SMP Negeri 1 Babakan merupakan SMP di kabupaten Cirebon yang sangat kreatif dan inovatif dalam memoles potensi siswa. Jadi saya salut yang luar biasa untuk SMP Negeri 1 Babakan,” ujarnya. (jay/adi)

Video kemeriahan Papers 2019 SMPN 1 Babakan, Klik: SP Band

GUEST STAR SP BAND SAAT TAMPIL DIIRINGI HISTERIA RATUSAN PENONTON

Berikut Para Pemenang “PAPERS 2019” SMPN 1 Babakan

  1. Film Terbaik (SECRET) 9D
  2. Produser Terbaik Nazwa 9D
  3. Sutradara Terbaik Yusuf 9D
  4. Penulis Skenario Terbaik Olivia 9D
  5. Pemeran Terbaik Susan 9D
  6. Putri Spensaba Susan 9D
  7. Putra Spensaba Susan 9D
  8. Photografer Terbaik Ihsan 9E
  9. Coach Of The Year Ibu Firda

***para pemenang yang belum tercover, dipublish menyusul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.