Home » Uncategorized » Kuwu Serang Wetan Bangun Infrastruktur Secara Merata di Semua Dusun

Kuwu Serang Wetan Bangun Infrastruktur Secara Merata di Semua Dusun

CIREBON – Jelang pergantian tahun 2019 ke 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Serang Wetan, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, kembali menyempurnakan infrastruktur di desanya lewat Dana Desa (DD) tahap IIl tahun 2019.

Kuwu Serang Wetan Setiabudi, kepada Jabar Publisher, Senin (17/12/2019) menjelaskan rincian program di desanya dari DD tahap 3 tahun ini. “DD tahap IlI saya gunankan untuk infrastruktur pembangunan di Dusun 01 Saluran Pembungan Air Limbah (SPAL), pembangunan di Dusun 02 yaitu Rabat Beton, Gorong-gorong Plat Beton Dan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun 03. Untuk kegiatan di Dusun 04 yakni pembangunan Jalan Rabat Beton,” ungkap Kuwu Budi begitu Ia akrab disapa.

Kuwu menegaskan, untuk DD Tahap IIl ini semuanya ia alokasikan ke bidang pembangunan fisik atau infrastruktur. Guna mengawal kegiatan pembangunan fisik tersebut, Kuwu Serang Wetan juga rajin melakukan pemantauan langsung ke lokasi digelarnya pekerjaan. Ia berharap, semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu, tidak ada kendala saat dilakukan monitoring oleh kecamatan dan bisa dipergunakan untuk keperluan masyarakat.

Sebagai informasi, dana desa merupakan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk stimulan berkesinambungan ke desa-desa Se-Indonesia yang digelontorkan tiap tahun, yang peruntukannya 80 persen untuk bidang infrastruktur 20 persen untuk Pemberdayaan Masayarakat. Prosentase pembagian anggaran untuk fisik dan non fisik bisa saja berbeda tergantung taraf kemajuan desa itu sendiri. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.