Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Tasikmalaya Diterjang Longsor, 3 Dusun Terisolir

Tasikmalaya Diterjang Longsor, 3 Dusun Terisolir

TASIKMALAYA – Jalan penghubung tiga dusun di Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, diterjang longsor. Akibatnya, tiga desa di wilayah tersebut terisolir, Kamis (02/01/2020).

Informasi yang diterima, tanah longsor terjadi sepanjang 20 meter dengan lebar 11 meter dan ketinggian 4 meter. Longsor terjadi pukul 06.00 WIB.

Selain warga tiga dusun terisolir, akibat longsor itu juga satu rumah ambruk, dan memutus saluran air. Selain itu, akibat bencana ini, akses kesehatan dan juga ekonomi sebanyak 570 kepala keluarga terhambat.

Saat ini, petugas Kepolisian, TNI, dan BPBD dibantu pihak Kecamatan Puspahiang berupaya membuat jalan kecil yang bisa dilalui warga.

“Kami turunkan anggota ke lokasi untuk bantu masyarakat. Saya sendiri ke lokasi bersama sama anggota,” ujar Kapolres Tasikmalaya, AKBP Dony Eka Putra.

Dikatakan dia, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sepanjang Rabu malam. Kontur tanah di pegunungan ditambah zona merah rawan longsor diduga jadi penyebabnya.

“Saat ini kami lagi upayakan membuat jalur alternatif, supaya aktivitas masyarakat tetap berjalan. Kami juga turunkan satuan lalu lintas untuk berjaga di lokasi agar tidak ada pengendara yang celaka,” kata Kapolres. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.