Home » Cirebon » Hari Pohon Sedunia, Polresta Cirebon Tanam Pohon di Pinggir Pantai Baro Gebang

Hari Pohon Sedunia, Polresta Cirebon Tanam Pohon di Pinggir Pantai Baro Gebang

CIREBON – Peringati Hari Pohon Sedunia, Polresta Cirebon gelar apel penanaman 10.000 pohon, di sekitar pinggir Pantai Baro Gebang, Desa Gebang Mekar Kec. Gebang Kab. Cirebon, Jumat (10/1/2020).
Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB sampai 10.30 WIB. Dalam giat tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara Kabag Sumda Polresta Cirebon Kompol Elin Karlina, Komandan Apel Kapolsek Pabedilan IPTU Suhada, dengan dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Gebang, para jajaran Kapolsek Zona Timur, unsur Bhayangkari, para Kuwu, unsur Ormas, pelajar, serta para peserta apel dari para pecinta lingkungan/alam yang berjumlah sekitar 500 orang.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program Kapolri dalam rangka Hari Pohon Sedunia,” ujar Kabag Sumda Polresta Cirebon Kompol Elin Karlina, dalam sambutannya.

Masih dalam sambutannya Kabag Sumda yang membacakan amanat Kapolresta Cirebon, Kombes M Syahduddi mengatakan, bahwa secara faktual masalah kamtibmas masih bernuansa pemaksaan kehendak oleh dari sekelompok masyarakat dengan menghalalkan segala cara dengan melakukan pengrusakan dan penjarahan alam.

“Dampak dari pengrusakan dan penjarahan alam secara ekologi yakni menurunya fungsi hidrologi yaitu kekeringan pada musim kemarau, banjir pada musim hujan dan erosi serta pendangkalan sungai yang mengakibatkan kerugian sosial ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,” ucapnya.

Hal tersebut, kata dia, tentunya merupakan keprihatinan bersama ditengah-tengah upaya untuk melestarikan lingkungan hidup serta program menuju masyarakat madani yang adil, makmur dan sejahtera.

“Setiap tahunya di wilayah Kab. Cirebon masih terjadi bencana seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan. Seolah ini sudah menjadi fenomena tahunan yang terus menerus terjadi,” katanya. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.